Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Transformasi Peran Guru di Era Pendidikan Digital

(Presentasi Bukik Setiawan di Kopdar Guraru dan Penanugerahan Acer Guraru Award 2013)
 
Seiring dengan perkembangan zaman, mulai dari zaman agraris, industri, informasi, sampai digital, praktik pendidikan pun mengalami berbagai perubahan. Tiap zaman memiliki ciri pendidikan masing-masing. Pada era digital ini, misalnya—manusia memiliki akses terhadap pengetahuan yang berlimpah. Dampaknya, antara lain, Sumber Daya Alam yang terbatas dapat diolah menjadi berbagai produk kreatif. Selain itu, interaksi yang dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun menggiring manusia menuju kolaborasi global.

Makna pembelajaran di masing-masing era pun berbeda. Digital Immigrant, yang tumbuh sebelum era digital, memaknai kegiatan belajar sebagai ‘mengetahui’; sementara kaum Digital Native, yang lahir di tengah kemajuan teknologi, memaknainya sebagai ‘berkreasi’. Perubahan makna tersebut terjadi seiring dengan terbentuknya beberapa karakteristik Digital Native, yakni sebagai berikut:
  1. Bebas, menolak terkekang
  2. Bermain, bukan hanya bekerja
  3. Ekspresif, tidak hanya reseptif
  4. Cepat, enggan menunggu
  5. Mencari, bukan menunggu instruksi
  6. Unggah, bukan hanya unduh
  7. Interaktif, bukan komunikasi searah
  8. Berkolaborasi, tak hanya berkompetisi

18-Picture01

Pembelajaran digital yang berpusat pada anak turut ‘menggeser’ peran pendidik. Di era digital, pendidik mengawali dengan maju untuk memancing rasa ingin tahu. Kemudian, pendidik beralih ke samping sebagai teman mengalami, dan akhirnya mundur untuk memberi apresiasi sepenuh hati.

 18-Picture02

Dalam presentasinya di Kopdar Guraru 2013, Bukik Setiawan memberi beberapa contoh proyek pendidikan yang mendukung pembelajaran digital. Ia menyebutkan Akademi Khan, sekumpulan video pendidikan yang terstruktur rapi dan berisi kurikulum lengkap pendidikan milik Salman Khan; SOLE, lab pembelajaran di India yang didirikan oleh Sugata Mitra, di mana siswa bebas mengeksplorasi dan belajar dari rekannya menggunakan sumber daya dan proses mentor dari awan (cloud); dan Takita, sebuah aplikasi media sosial untuk menemukan dan mengembangkan bakat anak, yang merupakan hasil karya Bukik sendiri bersama timnya.

Sudahkah Guraru berperan sesuai dengan tugas pendidik di era digital? Dengan cara apa saja? Mari Berbagi, Guraru!

Sumber : http://guraru.org/info/transformasi-peran-guru-di-era-pendidikan-digital/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika