Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Kunci Sukses Penerapan Gamification untuk Pembelajaran

Picture01
Dalam konteks pendidikan, Gamification—penerapan teknik dan strategi permainan dalam proses pembelajaran—merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa serta guru. Namun, menurut John Barnes, penulis dan pengajar berbagai bidang studi, Gamification merupakan metode yang rentan mengalami kegagalan dalam praktiknya.
Bagaimana caranya agar gamification sukses dijalankan dalam proses pembelajaran? Barnes menuliskan tiga faktor yang berperan penting: konten permainan yang baik, permainan yang berhubungan kuat dan konsisten dengan konten, dan permainan yang baik.

1. Konten Permainan yang Baik
Banyak permainan dalam proses pembelajaran menggunakan format kuis tanya-jawab dengan reward yang kurang menarik dan pertanyaan yang terlalu mudah. Sebuah permainan akan lebih menarik jika mengandung pertanyaan yang bersifat trivial, atau membahas fakta yang tidak umum.

2. Permainan yang Berhubungan Kuat dan Konsisten dengan Konten
Kekuatan gamification adalah bahwa kita tidak dapat bermain tanpa belajar atau belajar tanpa bermain. Sebuah permainan sebaiknya tidak memberi ruang bagi siswa untuk dapat menebak jawaban atau strategi permainan, melainkan yang ‘memaksa’ siswa untuk memahami konten pelajaran di dalamnya. Misalnya, untuk pelajaran Sejarah, Guraru bisa mencoba mengajak siswa bermain peran—salah satu siswa memerankan tokoh yang ditentukan guru, sementara siswa lain menebak nama tokoh yang tengah diperankan.

3. Permainan yang Baik
Menciptakan permainan yang baik dan menarik bisa jadi membutuhkan banyak percobaan sebelum berhasil. Menurut Barnes, satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mengingat kunci dari tiap permainan: cobalah sekali lagi!
Guraru sudah pernah atau ingin menggunakan metode Gamification? Selamat mencoba tips di atas! Menurut Guraru, apa lagi kunci sukses penerapan Gamification dalam pembelajaran? Apakah ada kunci sukses yang berhubungan dengan cara mengajar atau cara guru membawakan permainan? Yuk, share di sini!

Sumber: 
http://guraru.org/info/kunci-sukses-penerapan-gamification-untuk-pembelajaran/
 

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika