Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 24 Desember 2013

Penerapan E-Learning Matematika dalam Pembelajaran Matematika Oleh Pak Guru Sukani dengan siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata

Assalamualikum Wr. Wb.

Puji syukur alhamdulillah, saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmad dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan sederhana ini dalam rangka mengikuti lomba blog pendidikan yang diselenggarakan oleh Indonesia Berprestasi XL.


Alhamdulillah disela-sela kesibukan saya mengajar di sekolah, saya dapat meluangkan waktu untuk terus melayani anak-anak bangsa Indonesia dan berbagi seputar pendidikan. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan menyelenggarakan e-learning matematika. Saya memang guru biasa, namun saya memiliki semangat yang tinggi untuk mendorong para siswa untuk aktif belajar, memotivasi dan memfasilitasi belajar mereka. Saya percaya bahwa dengan bimbingan kitalah (termasuk orang tua), maka mereka akan berhasil.

E-learning matematika yang saya terapkan dalam pembelajaran ini menggunakan platform edu20. Saya lebih menyukai platform edu20 karena sistemnya hampir sama dengan moodle, penggunaan sangat mudah dan pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi. 

Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa Edu20 adalah salah satu media pembelajaran online yang didirikan oleh Graham Glass pada tahun 2006, merupakan situs pendidikan berbasis web yang disediakan secara gratis dengan beragam fasilitas dan fitur. Untuk mengakses Edu20 ini silahkan berkunjung ke websitenya secara langsung di http://edu20.org. Adapun tujuan penggunaan Edu20 ini adalah untuk menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Pada halaman depan situs edu20.org ini, ada beberapa tampilan yang memperkenalkan tentang “Edu20”. Apabila kita sudah pernah mendaftar, maka terdapat kotak pengisian untuk log in dan sebaliknya apabila kita baru pertama kali mengunjungi situs ini, maka ada dua menu tampilan (berupa jendela) yang memperlihatkan gambaran umum (overview) mengenai edu20. Penjelasan-penjelasan ini disediakan secara visual dan animasi dengan perpaduan tulisan, gambar dan grafik. Selain itu juga ditampilkan video presentasi yang memperkenalkan situs ini secara audio-visual, pengalaman dari siswa yang sudah bergabung, presentasi dari pendiri situs (TEDx presentation), video-klip (music video), dan video mengenai interaktif media dari online learning (fun video). Video-video ini berasal menggunakan youtube sebagai media penyimpanan.

Fitur-fitur yang disediakan edu20 cukup banyak seperti lesson, news, forum, chat, groups, calender dan lain-lain yang dapat dimodifikasi. Kita dapat memilih dan memodifikasi sendiri fitur-fitur tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran, misalnya matematika (www.pak-sukani.edu20.org). Tampilan dari halaman web juga dapat dikustomisasi mulai dari halaman depan, pewarnaan, dan URLnya.

Lalu jika kita lihat dari fungsi dan kegunaannya maka media ini dapat dikategorikan ke dalam CBT atau Computer-Based training. Edu20 dapat dikategorikan sebagai CBT karena menggunakan komputer dan internet sebagai media utamanya. Hal lain yang memperkuat adalah setiap bahan pelajaran, tugas-tugas dan rencana pelajaran setiap sesi (pertemuan) sudah disusun di dalamnya.

Selain itu, Edu20 ini juga dapat berperan sebagai CAI atau Computer-Assisted Instruction karena dapat dirancang untuk menjadi sumber dan bahan ajar bagi para pembelajar. Materi-materi pelajaran oleh guru dapat disusun secara sistematis ke dalam pelajaran (lesson). Lalu, bila dikaitkan dengan kriteria CMI atau Computer-Managed Instruction, edu2.0 dapat juga mengatur proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru. Guru dapat membuat rencana-rencana pelajaran serta mengatur atau mengorganisasikan para siswa yang akan mengikuti kelas (Enroll), dan mengatur jadwal-jadwal pembelajaran sesuai dengan banyaknya pertemuan.

Dalam edu20 ini sistem evaluasi dan penilaian dapat dilakukan melalui tes online atau quiz online yang kemudian dapat dinilai secara otomatis dalam kriteria peringkat dan bisa dimasukkan dalam grade book yang berisi data-data penilaian setiap siswa yang dikategorikan menurut bobot, dalam bentuk statistik dan grafik, serta dapat dieksport ke dalam sistem lain. Yang menarik lagi, data-data hasil evaluasi (tes online atau quiz online) akan terkirim otomatis ke database guru sehingga tidak perlu capek-capek mengoreksi. Bagaimana menarik bukan?

Sebagai contoh saya sudah menerapkan e-learning dengan menggunakan edu20 ini untuk pembelajaran matematika online di http://pak-sukani.edu20.org.
Di bawah ini adalah tampilan awal website e-learning matematika saya :



Mengapa saya menerapkan e-learning matematika? Jawabannya adalah karena saya memiliki beberapa latar belakang yang mendorong saya untuk menerapkan e-learning matematika ini, sebagai berikut : 
  1. Berangkat dari keluhan para siswa yang mengeluhkan sulitnya memahami dan menguasi pelajaran matematika kaitannya persiapan ujian nasional (UN) sehingga menggerakkan hati saya untuk melayani mereka dengan cara menerapkan e-learning matematika.   
  2. Untuk memfasilitasi para siswa dalam belajar matematika secara online sehingga belajarnya tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.  
  3. Untuk mempermudah para siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan, khususnya ilmu matematika.  
  4. Untuk memotivasi belajar para siswa.  
  5. Untuk melayani anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar dan berbagi seputar pendidikan.
  6. Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat bahwa guru harus berinovasi.
Agar penerapan e-learning matematika ini dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan persiapan-persiapan. Alhamdulillah saya telah mempersiapkannya dengan baik, sebagai berikut :
1.  Membuat website yang akan digunakan sebagai tempat e-learning matematika. Dalam hal ini e-learning matematika yang saya gunakan adalah http://pak-sukani.edu20.org.  
Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat website e-learning matematika tersebut adalah sebagai berikut :
a. Guru harus memiliki email terlebih dahulu. Jika guru belum memiliki email, maka silahkan membuat email terlebih dahulu bisa menggunakan yahoo, gmail dan lain-lain. Misalnya email guru adalah likeny_rbg@yahoo.com.
b. Kunjungi web edu20 di www.edu20.org dan sign up untuk mendaftar.
1
c. Setelah mengklik sign up untuk mendaftar maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Selanjutnya silahkan isi data anda pada formulir sign up secara lengkap dan klik sign up lagi.

2
Keterangan :
1)Organization : pilih tipe organisasinya dengan public school for children.
2)Name : isikan nama anda.
3)URL : isikan alamat URL web e-learning yang anda inginkan. Misalnya : http://pak-sukani.edu20.org.
4)State/Province : isikan nama provinsi tempat tinggal anda, misalnya provinsi DKI Jakarta. Sedangkan Country : isikan negara asal anda, misalnya Indonesia.
5)First name : isikan nama depan anda. Sedangkan Last name : isikan nama belakang anda.
6)Email : isikan alamat email anda. Sedangkan Confirm email : isikan kembali alamat email anda tadi.
7)User id : isikan nama user id yang anda inginkan.
8)Password : isikan password yang anda untuk nanti digunakan membuka alamat web e-learning anda. Sedangkan Confirm password : isikan kembali password anda tadi.
9)Security code : isikan kode angka sesuai dengan yang tertera di kanan isian. Hal ini untuk mencegah tindakan spam.

d. Setelah kita menyelesaikan pengisian form sign up dan mengklik sign up maka sebetulnya kita telah berhasil membuat web e-learning, namun masih kosong atau belum terisi sehingga langkah selanjutnya adalah membuat kelas pembelajaran online. (Muncul halaman web e-learning yang tadi kita buat dengan alamat web misalnya: https://pak-sukani.edu20.org/home_news, terdapat ucapan selamat datang/welcome). Lalu klik Continue untuk memulai membuat kelas pembelajaran online.
3

Untuk mengikuti e-learning matematika ini maka para siswa akan mendapatkan user id dan pasword dari guru atau mendaftarkan diri sendiri secara mandiri dengan cara sebagai berikut :   
  • Pilih Catalog lalu klik klinik matematika online. Perhatikan gambar di bawah ini!
  •  Selanjutnya akan muncul tampilan gambaran kegiatan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dan menciptakan pembelajaran matematika yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan memanfaatkan IT. Lihat pojok kanan tengah pada Enrollment, lalu klik "Daftar". 
  •   Isikan Get Free Account secara lengkap dan klik "Gabung".
    
  • Dengan mengkik tombol "gabung" maka secara otomatis siswa akan mendapatkan website replika dari website http://pak-sukani.edu20.org. Selanjutnya siswa tinggal "Join" ke dalam kelas e-learning matematika dengan memasukkan kode "XUYQ-EBBG" dan klik "Gabung".  
  • Selamat Anda telah bergabung di E-learning mtematika pak Sukani di http://pak-sukani.edu20.org. Nikmati kemudahan belajar matematika dengan pak Sukani. he..he..he... Perhatikan gambar di bawah ini!
  • Setelah siswa Log in dan masuk ke E-learning matematika, maka selanjutnya pilih Kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online". Silahkan dapatkan fasilitas dalam mempermudah belajar matematika. Siswa dapat mengikuti pembelajaran (lesson), forum diskusi, berinteraksi (chat), mendapatkan bahan ajar yang amazing di Sumber Daya (Resouces), Mengtikuti Tes Online di Assignments dan lain-lain.
    2. Membuat data base e-learning matematika
  Membuat data base e-learning matematika ini adalah langkah kedua yang harus dilakukan oleh seorang guru setelah membuat website e-learning. Guru dapat membuat dan mengolah data base sesuai dengan apa yang diinginkannya. Adapun data base e-learning matematika yang telah saya buat antara lain :
1)  Syllabus, yang berisi : Schedule kegiatan/events dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Matematika yang akan dicapai.
2)  Lessons, yang berisi : Berbagai Lessons/Pelajaran yang akan dilaksanakan dalam Klinik Matematika Online tersebut.
3)    Resources, yang berisi : Berbagai bahan ajar Matematika seperti modul, power point, video, flash, dll. Resources ini disebut juga sebagai perpustakaan dari Klinik Matematika Online.
4)    People, yang berisi : Data Teachers dan Students yang mengikuti Klinik Matemtaika Online.
5) Calender, yang berisi : Kalender Bulanan dengan link events/kegiatan/pelajaran dan assignment sehingga mudah dalam mengingat dan atau pencarian semua events/kegiatan tersebut.
6)      Collaboration, yang berisi : Fasilitas Forums, groups, Chat, wiki dan blogs. Dengan fasilitas tersebut, maka baik antar siswa dengan siswa dan atau siswa dengan guru dapat saling berkomunikasi, belajar, dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika.
7)   Assessment, yang terdiri : Assignments, gradebook, attendance, notes, proficiencies, dan grade map. Dengan Assessment tersebut, maka dapat dilakukan penilaian terhadap hasil perkembangan belajar siswa, misalnya dengan “tes online uji pengendali mutu”, dll.
8)      Sessions, yang  berisi tentang sessions tambahan kelas yang lain.
9)      Admin, yang terdiri : Configure, backup dan copy.
10)  Dan lain-lain.

Di bawah ini adalah screenshot/tampilan dari data base “e-learning matematika” tersebut :


3.      Membuat Account data siswa
Pembuatan account data siswa ini dilakukan jika memang guru menghendaki user id dan pasword siswa dibuat oleh sang guru sehingga siswa tidak perlu mendaftarkan diri karena sudah didaftarkan oleh gurunya. Cara membuat account data siswa cukup mudah yaitu masuk ke admin – accounts – manage accounts - Add accounts using a form – isi dengan data type of account dan seterusnya. Perhatikan gambar di bawah ini!


4.      Tes Error E-learning Matematika
Tes error ini saya lakukan untuk memastikan agar seluruh program e-learning matematika berjalan dengan baik sehingga diharapkan pada saat dilaksanakan proses pembelajaran “e-learning matematika” tidak mengalami gangguan atau hambatan.
Tes error program ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Tes program pada saat log in dengan menggunakan user id dan pasword siswa. Apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
2)   Tes program pelaksanaan tes online, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
3)   Tes program Forums Diskusi, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
4)   Tes program Chat, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
5)   Dan lain – lain

5.      Sosialisasi E-learning Matematika
E-learning matematika ini sangat penting sehingga harus disosialisasikan kepada para siswa agar mereka memahami bagaimana memanfaatkan e-learning matematika ini untuk belajar dengan baik dan benar. E-learning matematika ini saya sosialisasikan kepada seluruh siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata. 

Membuat Kelas Pembelajaran Online di E-learning matematika

Setelah selesai membuat data base maka langkah selanjutnya adalah membuat kelas pembelajaran, misalnya kelas "Klinik Matematika Online". Cara yang dapat dilakukan untuk membuat kelas pembelajaran online ini adalah sebagai berikut :
a.Untuk membuat kelas pembelajaran dengan cara memilih kelas-kelas, lalu klik tambah.
4

b.Selanjutnya akan muncul tampilan "add class" seperti pada gambar di bawah ini. Isikan data-datanya secara lengkap, lalu klik Save.
add class edu20
Keterangan :
1)Name : isikan nama kelas yang akan kita buat. Misalnya kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online".
2)Kode akses dicentang, dan Style : pilih instructor.
3)Start : pilih/ubah waktu kapan dimulainya kelas yang anda buat tadi. Sedangkan Finish : pilih/ubah waktu kapan kelas yang anda buat tadi berakhir/selesai.
4)Time zona : zona waktu pilih (GMT+07:00) Jakarta untuk Indonesia.
5)Subject : isikan mata pelajaran yang akan kita ajarkan. Misalnya math.
6)Grade : isikan kelas yang kita ajar. Misal pak Sukani mengajar matematika di SMK kelas XII, maka pilihkan grade “12” atau kelas 12.
7)Language : pilih bahasa Indonesia.

c.Setelah menyelesaikan isian "add class" secara lengkap dan mengklik save pada tahapan sebelumnya maka kelas pembelajaran online telah selesai dibuat dan langkah selanjutnya adalah memulai pengelolaan kelas seperti lesson, assignments, sumber daya, guru-guru, murid-murid, forum, analytics dan lain-lain (Getting started).

Getting Started Pengelolaan Kelas Pembelajaran Matematika Online di Edu20

Getting started merancang pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 ini meliputi configure class, add sylabus, set schedule, add resources, add lessons, create assignments, enroll students dan lain-lain (Getting started). Klik Continue untuk memulai pengelolaan kelas.
get started edu20
Setelah anda mengklik "continue" pada Getting Started maka pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 siap untuk dilakukan. Akan muncul menu-menu pada kelas pembelajaran online tersebut. Adapun macam-macam menu pilihan pada kelas pembelajaran online tersebut adalah sebagai berikut :
menu pilihan kelas e-learning edu 20

Merancang "Add Lesson" pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20


Merancang add lesson dapat dilakukan dengan menambahkan materi pelajaran sesuai dengan standar kompetensi atau kompetensi dasar yang akan diajarkan. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam merancang "add lesson" adalah sebagai berikut :
1)Masuk pada kelas pembelajaran "klinik matematika online", lalu klik lessons dan add lessons. Selanjutnya klik New maka muncul Add lesson untuk menambahkan materi pelajaran yang baru. Isikan title dengan judul pelajaran, description dengan gambaran tentang pelajaran yang akan diajarkan dan date dengan tanggal pelaksanaan pelajaran tersebut akan dilaksanakan, namun jika tidak perlu maka dikosongkan saja. Lalu klik Save.
Perhatikan gambar di bawah ini!
add lesson 1
2)Setelah Add lesson berhasil maka selanjutnya kita masukkan materi pelajaran yang akan kita ajarkan atau bahas, misalnya materi logika matematika (sebagai contoh). Buatlah sections pembelajaran dengan mengklik Halaman dan Assignment untuk penilaian. Perhatikan gambar di bawah ini!
add lesson 2
3)Klik Halaman, lalu tambahkan modul dan video tentang materi logika matematika (sebagai contoh materi yang akan diajarkan) dengan mengisi Add page dan klik Save. Untuk menambahkan modul/materi dapat menggunakan teks, gambar, video maupun script.
a. Untuk insert materi berupa teks pengoperasiannya sama dengan Microsoft word.
insert materi word
b. Untuk insert materi gambar, klik edit lalu klik icon image/gambar.
insert gambar
c. Untuk insert materi berupa video, klik sources lalu masukkan embed link videonya.
d. Untuk insert materi berbentuk script, klik sources format HTML, masukkan script dan save.
insert script
Berikut ini adalah tampilan add lesson materi pembelajaran logika matematika yang telah dibuat :
modul logika mat

Apabila kita ingin menyisipkan rangkuman materi dalam bentuk file maka dapat dilakukan dengan cara meng-klik Sumber daya.

Membuat Tes Online pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20

Langkah-langkah yang bisa kita dilakukan untuk membuat tes online di e-learning matematika ini adalah sebagai berikut :
1. Arahkan mouse ke Assignments, klik Assignments.
1
2. Klik add assignments.
2
3. Ada banyak pilihan jenis tes yang bisa dilakukan, disini saya akan coba terangkan bagian quiz, untuk yang lain silahkan explore sendiri ya.
3
4. Klik bagian Quiz.
5. Buat Outline Quiz yang akan dibuat, seperti judul Quiz, kategori Quiz, batas waktu pengerjaan Quiz, kompetensi dasar yang diujikan (lesson), dan instruksi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :
4
6. Klik tombol Save, maka akan langsung membuka ke dalam aplikasi Quiz yang tadi kita buat.
7. Mulai masukkan soal dengan klik Add Questions.
5
8. Pilih jenis Quiz/tes yang akan dibuat, misalnya disini kita akan membuat soal multiple choise (one answer) berbentuk pilihan ganda maka kita klik multiple choise (one answer). Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :
6
7
9. Lihat bagian Save dan klik save and add another untuk menambahkan soal.
8
10. Apabila sudah selesai memasukkan semua soal, klik Save and return to assignment. Hasilnya seperti gambar berikut :
9







contoh quiz mat

Melaksanakan Tes Online pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20

Setelah pembuatan tes online selesai maka perlu ujucoba dan pelaksanaan, apakah tes online ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan apa belum. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk ujicoba / melaksanakan tes online tersebut :

1) Melaksanakan quiz, klik take quiz
10
2) Selanjutnya klik Start
11
3) Setelah mengklik start maka akan muncul tampilan soalnya seperti pada gambar di bawah ini.
contoh quiz mat


4) Pilih jawaban yang dianggap benar, lalu klik submit.
5) Bila telah selesai mengerjakan seluruh soalnya lalu klik finished.
12

6) Setelah mengklik finished maka akan langsung terlihat hasil tes online tersebut seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
13

Contoh tampilan pertanyaan yang lainnya pada Tes Online ini adalah sebagai berikut :
14

15

Aktif Berdiskusi di Forum Diskusi pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20

Diskusi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika online. Diskusi ini dapat dilakukan oleh antar sesama siswa, maupun siswa dengan guru, bahkan antar siswa dengan siswa lainnya dan guru. Diskusi ini dapat dipantau oleh siswa, guru maupun orang tua. Diskusi ini membahas hal-hal penting atau yang menjadi masalah/kesulitan siswa dalam mempelajari matematika untuk dipecahkan permasalahan tersebut secara bersama-sama.

Forum diskusi berfungsi sebagai sarana tanya jawab atau berdiskusi serta mengetahui pendapat siswa/yang lain mengenai suatu pemecahan masalah. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi aktif dalam forum diskusi adalah sebagai berikut :
1)Arahkan mouse ke menu forums, klik forums.
16
2)Klik Discussions
17
3)Klik "configure" untuk memberikan judul diskusi dan keterangannya. Klik post pada postings untuk memulai diskusi postingan pertama.
18
4)Tuliskan judul posting dan pesannya.
19
5)Klik tombol kirim (send).
6)Tunggu reply dari yang membaca atau mengomentari posting tersebut.
Di bawah ini adalah contoh tampilan "daftar pertanyaan yang didiskusikan di Forum diskusi pada kelas pembelajaran matematika online tersebut".
20

Sedangkan gambar di bawah ini adalah tampilan bentuk interaksi di forum diskusi. Ada siswa yang bertanya dan siswa yang lainnya memberikan jawaban.

21

Melakukan Chatting pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20

Untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran matematika di e-learning matematika ini maka perlu dilakukan komunikasi, baik dengan mengikuti diskusi di forum diskusi maupun melakukan chatting. Chatting ini dapat dilakukan baik antar siswa, siswa dengan guru maupun orang tua.
Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan chatting adalah sebagai berikut :

1) Klik class. Misalkan klinik matematika online. 
2) Arahkan mouse ke menu collabooration, lalu klik chat. 
3) Klik add chat room bila ingin chat mengenai suatu hal yang baru atau klik chat untuk memulai chat langsung di kelas pembelajaran tersebut. Di bawah ini adalah tampilan proses chatting pada kelas pemeblajaran matematika online :






















Di samping chatting, kita juga dapat melakukan pengiriman pesan, baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya dengan menggunakan fasilitas message. Untuk mengirim pesan ke siswa atau orang tua siswa maka dapat dilakukan dengan cara mengklik nama siswa atau orang tua yang sedang online lalu klik pilihan send mesaage seperti pada gambar di bawah ini :


Proses pembelajaran pada e-learning matematika
Proses pembelajaran yang terjadi dalam e-learning matematika ini adalah dimulai dengan siswa dan guru log in ke website. Siswa mendapat modul ajar matematika interaktif (format swf/flash atau lainnya) kemudian didiskusikan bersama antar siswa dan atau siswa dengan guru. Materi yang kurang dipahami di kelas/jika ada PR dapat dibahas dalam diskusi tersebut. Di akhir pembelajaran, guru memberikan tes uji kompetensi melalui tes online. Tugas-tugas siswa bisa di upload dan dikirim ke data base guru.

Di bawah ini, Screnshoot Forum Diskusi pada kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online" : (Silahkan Klik Gambarnya Untuk memperbesar)

Di bawah ini, Tampilan / Screnshoot pelaksanaan Tes Online pada kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online" :
(Silahkan Klik gambarnya untuk memperbesar)

Untuk alur proses pelaksanaan kelas pembelajaran “Klinik Matematika Online” di tunjukkan pada bagan di bawah ini :


Dalam implementasinya, Kegiatan ini terbagi menjadi 4 tahap Klinik yaitu :

1. Klinik Matematika Try-Out 1
Klinik Matematika Try-Out 1 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 30 Januari 2012, 1 dan 2 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 1 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 25 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah operasi bilangan real, persamaan dan pertidaksamaan linear 2 variabel, fungsi linear, fungsi kuadrat dan program linear.

2. Klinik Matematika Try-Out 2
Klinik Matematika Try-Out 2 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 6, 8 & 9 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 2 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 15 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah matriks, vektor, logika matematika, bangun datar, dan bangun ruang.

3. Klinik Matematika Try-Out 3
Klinik Matematika Try-Out 3 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 13, 15 & 16 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 3 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah trigonometri, barisan dan deret, peluang dan statistik.

4. Klinik Matematika Try-Out 4
Klinik Matematika Try-Out 4 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 20, 22 & 23 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 4 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah limit fungsi, turunan/diferensial, integral dan irisan kerucut.

Saya juga melaksanakan Tes Online Uji Pengendali Mutu 1 dan 2 untuk mempersiapkan siswa-siswi dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) Matematika pada hari Selasa, tanggal 13 Maret 2012 Sebagai persiapan dan untuk mengetahui kemampuan siswa sampai sejauh mana mereka menguasai kompetensi matematika. Syukur alhamdulillah hasil Ujian Sekolah (US) matematika tahun pelajaran 2011/2012 yang didapat sangat memuaskan karena semua siswa “Klinik Matematika Online” lulus 100% dengan nilai Ujian Sekolah terendah 6,75 dan nilai tertinggi adalah 9,25.

Selanjutnya pada hari Kamis, tanggal 15 Maret 2012, saya laksanakan Tes Online Uji Pengendali Mutu 3 dan pembahasannya untuk memantapkan kembali penguasaan materi matematika. Lalu saya laksanakan kembali Tes Online Uji Pengendali Mutu 4 untuk mempersiapkan siswa-siswi menghadapi Try-Out UN Matematika yang diselenggarakan Dinas Provinsi DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 April 2012. Semua siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi the winner, menjadi yang terbaik dalam perolehan nilai Try-Out UN Matematika tersebut. Sungguh luar biasa.

Pada tahun pelajaran 2013/2014 ini juga alhamdulillah saya telah menerapkan e-learning matematika ini kepada para siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata. Di samping itu saya juga memanfaatkan blog pembelajaran matematika "Portal Matematika" di http://okemat.blogspot.com. Keberadaan portal matematika ini sangat membantu suksesnya pembelajaran e-learning matematika di http://pak-sukani.edu20.org.

Berikut ini adalah tampilan dari blog pembelajaran matematika "Portal Matematika".

Berikut ini adalah beberapa hasil pekerjaan siswa dalam tes online di e-learning matematika, terlihat jelas points yang didapat dan gradenya :


Berikut ini adalah contoh hasil tugas siswa dalam e-learning matematika yang dikirimkan melalui blog portal matematika:


Para siswa saya dorong untuk membuat blog dan Nge-blog untuk pembelajaran untuk membiasakan mereka menulis.

Berikut ini adalah tutorial 1 tentang E-learning matematika Pak Sukani :


Berikut ini adalah tutorial 2 tentang Pelaksanaan tes online di E-learning matematika Pak Sukani :


Demikianlah tulisan saya tentang “Penerapan E-learning Matematika dalam Pembelajaran Matematika Oleh Pak Guru Sukani dengan siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata″. Semoga kita semua terus dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita.
Saya menyadari bahwa tulisan saya yang sederhana ini banyak kekurangannya dan jika ada yang kurang berkenan di hati, saya mohon dibukakan pintu maaf. Tiada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.
Semoga bermanfaat.
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Penulis,








Guru Matematika SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan
HP: 085695685815
Email : likeny_rbg@yahoo.com
Blog :
http://pak-sukani.edu20.org
http://okemat.blogspot.com
http://guraru.org/anggota/sukani
http://paksukani.guru-indonesia.net

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika