Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Tools Digital yang Dapat Digunakan dalam Flipped Classroom

Guraru, sudah pernah dengar model pembelajaran Flipped Classroom? Seperti namanya, Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang ‘membalik’ gaya belajar tradisional. Siswa terlebih dahulu menyaksikan video pembelajaran yang dibuat guru di rumah masing-masing, kemudian sesi belajar di kelas digunakan untuk diskusi dan mengerjakan tugas

(Lebih lengkapnya mengenai Flipped Classroom dapat Guraru baca di sini dan di sini).

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tools digital yang dapat Guraru gunakan dalam mengajar dengan Flipped Classroom. Apa saja?

 Picture Compile

Panopto adalah salah satu tool dengan penggunaan paling banyak dan paling luas. Dengan meng-install perekamnya dalam komputer kelas, Guraru dapat merekam proses pembelajaran di kelas, termasuk presentasi yang tengah disampaikan.

Tegrity akan merekam tiap aktivitas yang dilakukan dalam komputer Guraru. Jika perlu, Guraru juga dapat menambahkan narasi dalam bentuk audio atau video.

Screencast-o-matic juga merekam tiap aktivitas yang dilakukan dalam komputer dengan tambahan audio jika diperlukan. Untuk menggunakannya, Guraru tidak perlu meng-install apa pun—cukup membuat akun gratis atau berbayar di situsnya. Akun gratis mendapatkan akses merekam video selama 15 menit dan dapat diunggah melalui YouTube, sementara yang berbayar mendapatkan akses merekam dan mengedit video tanpa batasan waktu.

Pasti banyak di antara Guraru yang sudah mendengar atau menggunakan tool yang satu ini. Dengan Camtasia, Guraru dapat mengintegrasikan presentasi Powerpoint, video, flash cards, musik, bahkan permainan ke dalam video pembelajaran.

5. TED-Ed
Guraru dapat memilih video yang tersimpan dalam ‘perpustakaan digital’ TED-Ed—atau dapat juga membuat video Guraru sendiri, seperti yang tertulis dalam artikel ini. Dengan fitur ‘flip’ pada video, Guraru dapat menambahkan penjelasan, pertanyaan, dan diskusi untuk siswa, yang dapat mereka akses setelah membuat akun TED sendiri.

Ada yang sudah pernah mencoba tools digital di atas? Mana yang paling pas untuk Guraru? Selamat mencoba!

Sumber : http://guraru.org/info/tools-digital-yang-dapat-digunakan-dalam-flipped-classroom/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika