Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Contoh-contoh Penerapan Gamification

Metode pembelajaran kini semakin bervariasi, salah satunya adalah gamification. Seperti apa contoh penerapan gamification di kegiatan belajar sehari-hari? Cek rekomendasi berikut ini, Guraru.

Salah satu metode pembelajaran yang tengah populer adalah Gamification, yakni metode yang mengaplikasikan elemen dan strategi permainan ke dalam konteks nonpermainan (penjelasan lebih lengkap mengenai Gamification dapat dibaca di artikel ini dan ini). Permainan dalam Gamification berbeda dengan Game-based Learning. Dalam Game-based Learning, guru dan siswa mengaitkan permainan yang sudah ada dengan materi yang tengah dipelajari; sedangkan dalam Gamification, permainan didesain menyesuaikan materi yang tengah dipelajari.

Banyak contoh permainan bentuk fisik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Misalnya, kartu domino yang didesain khusus untuk belajar Matematika; belajar Fisika dengan sumpit, senjata khas Dayak; atau belajar Bahasa Inggris dengan permainan mencari pasangan (klik pada judul untuk membaca artikel).

Bagaimana dengan e-learning? iCivics dan Educade merupakan dua contoh penerapan Gamification dalam bentuk permainan komputer yang didesain khusus untuk pembelajaran.

iCivics
Picture02  

iCivics (http://icivics.org) merupakan situs penyedia video games pendidikan yang dibuat untuk menanamkan pengetahuan umum pada anak-anak muda Amerika. Permainan di dalamnya meliputi bidang sosial-politik, hukum, dan kewarganegaraan. Contohnya, dalam permainan Activate, siswa diajak mengkampanyekan isu pilihan mereka sendiri untuk membawa perubahan positif di masyarakat. Dalam permainan Do I Have a Right?, siswa mengelola firma hukum dengan spesialisasi pada hukum konstitusi.

Ingin tahu lebih lanjut? Silakan kunjungi situsnya! Siapa tahu ada permainan yang dapat disesuaikan untuk pembelajaran di kelas Guraru :)

Educade
Picture03

Educade (http://educade.org) menyediakan berbagai alat pembelajaran, termasuk permainan, untuk tiap tingkat usia dan berbagai mata pelajaran. Guraru dapat mencari permainan untuk pelajaran Matematika, Bahasa, Ilmu Sosial, dan lain-lain; yang dapat dipilih berdasarkan subyek spesifik. Silakan kunjungi dan pilih permainan kesukaan Anda dan siswa!

Guraru punya contoh lain situs permainan atau permainan bentuk fisik untuk metode Gamification? Yuk, share di sini! Selamat bermain! :) 

Sumber : http://guraru.org/info/contoh-contoh-penerapan-gamification/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika