Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Mengakrabkan Diri dengan E-Learning

E-Learning, atau electronic learning, adalah metode yang memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja selama tersedia komputer atau gadget lain yang memadai, misalnya tablet ataupun smartphone. Tak harus ada internet untuk membuat suatu pembelajaran termasuk dalam e-learning—metode ini bisa juga menggunakan CD, jaringan komputer lokal, atau intranet. Dengan menggunakan berbagai jenis media: teks, video, audio, animasi, bahkan kelas virtual, e-learning dapat memperkaya pengetahuan sekaligus pengalaman belajar siswa dengan hal-hal yang tidak dapat diperoleh hanya melalui proses belajar mengajar di kelas biasa.

Selain memperkaya pengetahuan, e-learning memiliki beberapa keuntungan lain, seperti biaya yang tidak mahal jika dibandingkan dengan hasil yang dapat diperoleh, proses belajar yang memungkinkan siswa untuk bereksplorasi secara mandiri, dan informasi yang lebih cepat diperoleh.
Ada empat kategori e-learning, yaitu:
  • Knowledge Databases : jenis e-learning yang paling dasar, dalam format database yang tersimpan di suatu situs atau aplikasi. Data dapat kita cari dengan mengetik kata kunci melalui kolom pencarian atau memilih salah satu dari daftar pilihan yang tersedia.
  • Online Support : jenis e-learning yang lebih interaktif dan spesifik karena berbentuk forum, chat rooms, bulletin boards, e-mail, atau aplikasi messenger.
  • Asynchronous Training : jenis e-learning dalam pengertian yang banyak dikenal, yaitu pembelajaran yang dilakukan sendiri oleh siswa dengan CD, jaringan komputer lokal, intranet, atau internet. Komunikasi dengan pengajar dapat dilakukan melalui bulletin boards, grup diskusi online, atau e-mail.
  • Synchronous Training : jenis e-learning yang dipandu secara langsung oleh pengajar, dilakukan serempak secara online pada waktu yang sama. Jenis e-learning ini biasanya dilakukan dengan media website, percakapan audio, atau percakapan video.
E-learning mengandung berbagai elemen yang dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Pengajar dapat memanfaatkannya antara lain dengan menyusun konten yang variatif dengan perpaduan gambar, suara, dan teks; membangun interaksi dengan kuis atau permainan; memberi umpan balik pada siswa sesegera mungkin; dan mendorong interaksi yang intens dengan pengajar dan sesama siswa.
Sesering apa Guraru menggunakan e-learning dalam proses belajar mengajar? Apa manfaatnya bagi siswa dan juga pengajar? Mari berbagi!

Referensi:
http://guraru.org/info/mengakrabkan-diri-dengan-e-learning/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika