Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Penerapan E-Learning

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan untuk merespon perkembangan zaman, di Indonesia telah banyak lembaga pendidikan yang telah mulai menerapkan e-learning dalam proses pembelajaran. Hal ini menimbulkan berbagai pendapat pro dan kontra dari masyarakat. Mereka yang pro antara lain karena kemudahan yang diberikan dan luasnya sumber informasi, sementara yang kontra disebabkan minimnya kontak langsung antara peserta dan kebutuhan fasilitas serta internet yang memadai.

 Di luar pro dan kontra tersebut, pengembangan metode e-learning di Indonesia yang masih terbilang baru populer tentunya masih memerlukan banyak kajian dan pengembangan, mulai dari segi kesiapan, biaya, sampai cara penyampaian.

Onno W. Purbo (dalam Rahmawati) menyebutkan tiga hal yang harus dipenuhi dalam merancang e-learning, yakni sederhana, personal, dan cepat.

Sederhana berarti memudahkan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi dan menu yang ada. Kemudahan pada panel yang disediakan akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengenalan sistem e-learning itu sendiri, sehingga pemanfaatan waktu akan lebih efisien. Personal berarti pengajar dapat berinteraksi dengan baik dan memperhatikan kemajuan serta persoalan yang dihadapi siswa. Cepat berarti tiap keluhan dan kebutuhan peserta didik dapat ditanggapi dengan segera.

Selain itu, e-learning tetap perlu mengadaptasi unsur-unsur yang biasa dilakukan dalam sistem pembelajaran konvensional. Misalnya, dimulai dari perumusan tujuan yang operasional, pengadaan pre-test, membangkitkan motivasi, penggunaan bahasa yang komunikatif, uraian materi yang jelas, contoh kongkrit, problem solving, diskusi, post-test, dan lain sebagainya.

E-Learning1


Namun, ketika sebuah sekolah ingin membangun web-based learning dalam pelaksanaan pembelajarannya, yang terlebih dahulu harus dipertimbangkan adalah beberapa hal mendasari seperti:
  • Biaya untuk mengkonversi pembelajaran dalam kelas ke dalam format elektronik multimedia
  •  Materi pembelajaran yang akan dimigrasi ke dalam model e-learning
  • Pemeriksaan efektivitas dari proses migrasi tersebut
  • Sumber Daya Manusia yang terlibat di dalamnya
Dengan mempertimbangkan dan berbagai hal-hal di atas, penerapan metode e-learning di sekolah Guraru dapat dilaksanakan dengan maksimal, karena semua faktor yang dibutuhkan telah siap untuk proses pembelajaran dengan metode tersebut. Bagaimana menurut Guraru?

Sumber:
http://guraru.org/info/hal-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-penerapan-e-learning/
Rahmawati, Fitri. Model Pembelajaran E-Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: FT UNY. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/MODEL%20PEMBELAJARAN%20e-LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KUALITAS%20PENDIDIKAN.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika