Assalamualikum
Wr. Wb.
Puji syukur
alhamdulillah, saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmad
dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan sederhana ini dalam
rangka mengikuti lomba blog pendidikan yang diselenggarakan oleh Indonesia
Berprestasi XL.
Alhamdulillah
disela-sela kesibukan saya mengajar di sekolah, saya dapat meluangkan waktu
untuk terus melayani anak-anak bangsa Indonesia dan berbagi seputar pendidikan.
Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan menyelenggarakan e-learning
matematika. Saya memang guru biasa, namun saya memiliki semangat yang tinggi
untuk mendorong para siswa untuk aktif belajar, memotivasi dan memfasilitasi
belajar mereka. Saya percaya bahwa dengan bimbingan kitalah (termasuk orang
tua), maka mereka akan berhasil.
E-learning matematika
yang saya terapkan dalam pembelajaran ini menggunakan platform edu20. Saya
lebih menyukai platform edu20 karena sistemnya hampir sama dengan moodle, penggunaan sangat mudah dan pengguna tidak perlu melakukan proses
instalasi.
Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa Edu20 adalah salah satu media pembelajaran online yang didirikan oleh Graham Glass pada tahun 2006, merupakan situs pendidikan berbasis web yang disediakan secara gratis dengan beragam fasilitas dan fitur. Untuk mengakses Edu20 ini silahkan berkunjung ke websitenya secara langsung di http://edu20.org. Adapun tujuan penggunaan Edu20 ini adalah untuk menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Pada halaman depan situs edu20.org ini, ada beberapa tampilan yang memperkenalkan tentang “Edu20”. Apabila kita sudah pernah mendaftar, maka terdapat kotak pengisian untuk log in dan sebaliknya apabila kita baru pertama kali mengunjungi situs ini, maka ada dua menu tampilan (berupa jendela) yang memperlihatkan gambaran umum (overview) mengenai edu20. Penjelasan-penjelasan ini disediakan secara visual dan animasi dengan perpaduan tulisan, gambar dan grafik. Selain itu juga ditampilkan video presentasi yang memperkenalkan situs ini secara audio-visual, pengalaman dari siswa yang sudah bergabung, presentasi dari pendiri situs (TEDx presentation), video-klip (music video), dan video mengenai interaktif media dari online learning (fun video). Video-video ini berasal menggunakan youtube sebagai media penyimpanan.
Sebagai contoh saya sudah menerapkan e-learning dengan menggunakan edu20 ini untuk pembelajaran matematika online di http://pak-sukani.edu20.org.
Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa Edu20 adalah salah satu media pembelajaran online yang didirikan oleh Graham Glass pada tahun 2006, merupakan situs pendidikan berbasis web yang disediakan secara gratis dengan beragam fasilitas dan fitur. Untuk mengakses Edu20 ini silahkan berkunjung ke websitenya secara langsung di http://edu20.org. Adapun tujuan penggunaan Edu20 ini adalah untuk menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Pada halaman depan situs edu20.org ini, ada beberapa tampilan yang memperkenalkan tentang “Edu20”. Apabila kita sudah pernah mendaftar, maka terdapat kotak pengisian untuk log in dan sebaliknya apabila kita baru pertama kali mengunjungi situs ini, maka ada dua menu tampilan (berupa jendela) yang memperlihatkan gambaran umum (overview) mengenai edu20. Penjelasan-penjelasan ini disediakan secara visual dan animasi dengan perpaduan tulisan, gambar dan grafik. Selain itu juga ditampilkan video presentasi yang memperkenalkan situs ini secara audio-visual, pengalaman dari siswa yang sudah bergabung, presentasi dari pendiri situs (TEDx presentation), video-klip (music video), dan video mengenai interaktif media dari online learning (fun video). Video-video ini berasal menggunakan youtube sebagai media penyimpanan.
Fitur-fitur
yang disediakan edu20 cukup banyak seperti lesson, news, forum, chat,
groups, calender dan lain-lain yang dapat dimodifikasi. Kita dapat
memilih dan memodifikasi sendiri fitur-fitur tersebut untuk digunakan
dalam pembelajaran, misalnya matematika (www.pak-sukani.edu20.org). Tampilan dari halaman web juga dapat dikustomisasi mulai dari halaman depan, pewarnaan, dan URLnya.
Lalu
jika kita lihat dari fungsi dan kegunaannya maka media ini dapat
dikategorikan ke dalam CBT atau Computer-Based training. Edu20 dapat
dikategorikan sebagai CBT karena menggunakan komputer dan internet
sebagai media utamanya. Hal lain yang memperkuat adalah setiap bahan pelajaran,
tugas-tugas dan rencana pelajaran setiap sesi (pertemuan) sudah disusun
di dalamnya.
Selain itu, Edu20 ini juga dapat berperan sebagai CAI atau Computer-Assisted Instruction karena dapat dirancang untuk menjadi sumber dan bahan ajar bagi para pembelajar. Materi-materi pelajaran oleh guru dapat disusun secara sistematis ke dalam pelajaran (lesson). Lalu, bila dikaitkan dengan kriteria CMI atau Computer-Managed Instruction, edu2.0 dapat juga mengatur proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru. Guru dapat membuat rencana-rencana pelajaran serta mengatur atau mengorganisasikan para siswa yang akan mengikuti kelas (Enroll), dan mengatur jadwal-jadwal pembelajaran sesuai dengan banyaknya pertemuan.
Selain itu, Edu20 ini juga dapat berperan sebagai CAI atau Computer-Assisted Instruction karena dapat dirancang untuk menjadi sumber dan bahan ajar bagi para pembelajar. Materi-materi pelajaran oleh guru dapat disusun secara sistematis ke dalam pelajaran (lesson). Lalu, bila dikaitkan dengan kriteria CMI atau Computer-Managed Instruction, edu2.0 dapat juga mengatur proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru. Guru dapat membuat rencana-rencana pelajaran serta mengatur atau mengorganisasikan para siswa yang akan mengikuti kelas (Enroll), dan mengatur jadwal-jadwal pembelajaran sesuai dengan banyaknya pertemuan.
Dalam edu20 ini sistem evaluasi dan
penilaian dapat dilakukan melalui tes online atau quiz online yang
kemudian dapat dinilai secara otomatis dalam kriteria peringkat dan bisa
dimasukkan dalam grade book yang berisi data-data penilaian setiap
siswa yang dikategorikan menurut bobot, dalam bentuk statistik dan
grafik, serta dapat dieksport ke dalam sistem lain. Yang menarik lagi, data-data hasil evaluasi (tes online atau quiz online) akan terkirim
otomatis ke database guru sehingga tidak perlu capek-capek mengoreksi.
Bagaimana menarik bukan?
Sebagai contoh saya sudah menerapkan e-learning dengan menggunakan edu20 ini untuk pembelajaran matematika online di http://pak-sukani.edu20.org.
Di bawah ini adalah tampilan awal website e-learning matematika saya :
Mengapa saya menerapkan e-learning matematika? Jawabannya adalah karena saya memiliki beberapa latar belakang yang mendorong saya untuk menerapkan e-learning matematika
ini, sebagai berikut :
- Berangkat dari keluhan para siswa yang mengeluhkan sulitnya memahami dan menguasi pelajaran matematika kaitannya persiapan ujian nasional (UN) sehingga menggerakkan hati saya untuk melayani mereka dengan cara menerapkan e-learning matematika.
- Untuk memfasilitasi para siswa dalam belajar matematika secara online sehingga belajarnya tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
- Untuk mempermudah para siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan, khususnya ilmu matematika.
- Untuk memotivasi belajar para siswa.
- Untuk melayani anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar dan berbagi seputar pendidikan.
- Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat bahwa guru harus berinovasi.
Agar penerapan e-learning matematika ini dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan persiapan-persiapan. Alhamdulillah saya telah mempersiapkannya dengan baik, sebagai berikut :
Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat website e-learning matematika tersebut adalah sebagai berikut :
a. Guru harus memiliki email terlebih dahulu. Jika guru belum memiliki
email, maka silahkan membuat email terlebih dahulu bisa menggunakan
yahoo, gmail dan lain-lain. Misalnya email guru adalah
likeny_rbg@yahoo.com.
b. Kunjungi web edu20 di www.edu20.org dan sign up untuk mendaftar.
c. Setelah
mengklik sign up untuk mendaftar maka akan muncul halaman seperti di
bawah ini. Selanjutnya silahkan isi data anda pada formulir sign up
secara lengkap dan klik sign up lagi.
Keterangan :
1)Organization : pilih tipe organisasinya dengan public school for children.
2)Name : isikan nama anda.
3)URL : isikan alamat URL web e-learning yang anda inginkan. Misalnya : http://pak-sukani.edu20.org.
4)State/Province : isikan nama provinsi tempat tinggal anda, misalnya provinsi DKI Jakarta. Sedangkan Country : isikan negara asal anda, misalnya Indonesia.
5)First name : isikan nama depan anda. Sedangkan Last name : isikan nama belakang anda.
6)Email : isikan alamat email anda. Sedangkan Confirm email : isikan kembali alamat email anda tadi.
7)User id : isikan nama user id yang anda inginkan.
8)Password : isikan password yang anda untuk nanti digunakan membuka alamat web e-learning anda. Sedangkan Confirm password : isikan kembali password anda tadi.
9)Security code : isikan kode angka sesuai dengan yang tertera di kanan isian. Hal ini untuk mencegah tindakan spam.
d. Setelah kita menyelesaikan pengisian form sign up dan mengklik sign up maka
sebetulnya kita telah berhasil membuat web e-learning, namun masih
kosong atau belum terisi sehingga langkah selanjutnya adalah membuat
kelas pembelajaran online. (Muncul halaman web e-learning yang tadi kita buat dengan alamat web misalnya: https://pak-sukani.edu20.org/home_news, terdapat ucapan selamat datang/welcome). Lalu klik Continue untuk memulai membuat kelas pembelajaran online.
Untuk mengikuti e-learning matematika
ini maka para siswa akan mendapatkan user id dan pasword dari guru atau
mendaftarkan diri sendiri secara mandiri dengan cara sebagai berikut :
- Pilih Catalog lalu klik klinik matematika online. Perhatikan gambar di bawah ini!
- Selanjutnya akan muncul tampilan gambaran kegiatan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dan menciptakan pembelajaran matematika yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan memanfaatkan IT. Lihat pojok kanan tengah pada Enrollment, lalu klik "Daftar".
- Isikan Get Free Account secara lengkap dan klik "Gabung".
- Dengan mengkik tombol "gabung" maka secara otomatis siswa akan mendapatkan website replika dari website http://pak-sukani.edu20.org. Selanjutnya siswa tinggal "Join" ke dalam kelas e-learning matematika dengan memasukkan kode "XUYQ-EBBG" dan klik "Gabung".
- Selamat Anda telah bergabung di E-learning mtematika pak Sukani di http://pak-sukani.edu20.org. Nikmati kemudahan belajar matematika dengan pak Sukani. he..he..he... Perhatikan gambar di bawah ini!
- Setelah siswa Log in dan masuk ke E-learning matematika, maka selanjutnya pilih Kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online". Silahkan dapatkan fasilitas dalam mempermudah belajar matematika. Siswa dapat mengikuti pembelajaran (lesson), forum diskusi, berinteraksi (chat), mendapatkan bahan ajar yang amazing di Sumber Daya (Resouces), Mengtikuti Tes Online di Assignments dan lain-lain.
2. Membuat
data base e-learning matematika
Membuat data base e-learning matematika ini adalah langkah kedua yang harus dilakukan oleh seorang guru setelah membuat website e-learning. Guru dapat membuat dan mengolah data base sesuai dengan apa yang diinginkannya. Adapun data base e-learning matematika yang telah saya buat
antara lain :
1) Syllabus, yang berisi : Schedule
kegiatan/events dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Matematika yang akan
dicapai.
2) Lessons, yang berisi : Berbagai
Lessons/Pelajaran yang akan dilaksanakan dalam Klinik Matematika Online
tersebut.
3) Resources, yang berisi : Berbagai
bahan ajar Matematika seperti modul, power point, video, flash, dll. Resources
ini disebut juga sebagai perpustakaan dari Klinik Matematika Online.
4) People, yang berisi : Data Teachers
dan Students yang mengikuti Klinik Matemtaika Online.
5) Calender, yang berisi : Kalender
Bulanan dengan link events/kegiatan/pelajaran dan assignment sehingga mudah
dalam mengingat dan atau pencarian semua events/kegiatan tersebut.
6) Collaboration, yang berisi : Fasilitas
Forums, groups, Chat, wiki dan blogs. Dengan fasilitas tersebut, maka baik
antar siswa dengan siswa dan atau siswa dengan guru dapat saling berkomunikasi,
belajar, dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika.
7) Assessment, yang terdiri : Assignments,
gradebook, attendance, notes, proficiencies, dan grade map. Dengan Assessment
tersebut, maka dapat dilakukan penilaian terhadap hasil perkembangan belajar
siswa, misalnya dengan “tes online uji pengendali mutu”, dll.
8) Sessions, yang berisi tentang sessions tambahan kelas yang
lain.
9) Admin, yang terdiri : Configure,
backup dan copy.
10) Dan lain-lain.
Di bawah
ini adalah screenshot/tampilan dari data base “e-learning matematika” tersebut
:
3. Membuat
Account data siswa
Pembuatan
account data siswa ini dilakukan jika memang guru menghendaki user id dan pasword
siswa dibuat oleh sang guru sehingga siswa tidak perlu mendaftarkan diri karena
sudah didaftarkan oleh gurunya. Cara membuat account data siswa cukup mudah
yaitu masuk ke admin – accounts – manage accounts
- Add accounts using a form – isi dengan data type of account dan seterusnya. Perhatikan gambar di bawah ini!
4. Tes
Error E-learning Matematika
Tes
error ini saya lakukan untuk memastikan agar seluruh program e-learning
matematika berjalan dengan baik sehingga diharapkan pada saat dilaksanakan proses
pembelajaran “e-learning matematika” tidak mengalami gangguan atau hambatan.
Tes
error program ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Tes
program pada saat log in dengan menggunakan user id dan pasword siswa. Apakah sudah
berjalan dengan baik apa belum?
2) Tes
program pelaksanaan tes online, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
3) Tes
program Forums Diskusi, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
4) Tes
program Chat, apakah sudah berjalan dengan baik apa belum?
5) Dan lain
– lain
5. Sosialisasi
E-learning Matematika
E-learning matematika ini sangat
penting sehingga harus disosialisasikan kepada para siswa agar mereka memahami bagaimana memanfaatkan e-learning matematika ini untuk belajar dengan baik dan benar. E-learning matematika ini saya sosialisasikan kepada seluruh siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata.
Membuat Kelas Pembelajaran Online di E-learning matematika
Setelah selesai membuat data base maka langkah selanjutnya adalah membuat kelas pembelajaran, misalnya kelas "Klinik Matematika Online". Cara yang dapat dilakukan untuk membuat kelas pembelajaran online ini adalah sebagai berikut :
a.Untuk membuat kelas pembelajaran dengan cara memilih kelas-kelas, lalu klik tambah.
Setelah selesai membuat data base maka langkah selanjutnya adalah membuat kelas pembelajaran, misalnya kelas "Klinik Matematika Online". Cara yang dapat dilakukan untuk membuat kelas pembelajaran online ini adalah sebagai berikut :
a.Untuk membuat kelas pembelajaran dengan cara memilih kelas-kelas, lalu klik tambah.
b.Selanjutnya akan muncul tampilan "add class" seperti pada gambar di bawah ini. Isikan data-datanya secara lengkap, lalu klik Save.
Keterangan :
1)Name : isikan nama kelas yang akan kita buat. Misalnya kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online".
2)Kode akses dicentang, dan Style : pilih instructor.
3)Start : pilih/ubah waktu kapan dimulainya kelas yang anda buat tadi. Sedangkan Finish : pilih/ubah waktu kapan kelas yang anda buat tadi berakhir/selesai.
4)Time zona : zona waktu pilih (GMT+07:00) Jakarta untuk Indonesia.
5)Subject : isikan mata pelajaran yang akan kita ajarkan. Misalnya math.
6)Grade : isikan kelas yang kita ajar. Misal pak Sukani mengajar matematika di SMK kelas XII, maka pilihkan grade “12” atau kelas 12.
7)Language : pilih bahasa Indonesia.
c.Setelah menyelesaikan isian "add class" secara lengkap dan mengklik save pada tahapan sebelumnya maka kelas pembelajaran online telah selesai dibuat dan langkah selanjutnya adalah memulai pengelolaan kelas seperti lesson, assignments, sumber daya, guru-guru, murid-murid, forum, analytics dan lain-lain (Getting started).
Getting Started Pengelolaan Kelas Pembelajaran Matematika Online di Edu20
Getting started merancang pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 ini meliputi configure class, add sylabus, set schedule, add resources, add lessons, create assignments, enroll students dan lain-lain (Getting started). Klik Continue untuk memulai pengelolaan kelas.
Setelah anda mengklik "continue" pada Getting Started maka pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 siap untuk dilakukan. Akan muncul menu-menu pada kelas pembelajaran online tersebut. Adapun macam-macam menu pilihan pada kelas pembelajaran online tersebut adalah sebagai berikut :
Merancang "Add Lesson" pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Merancang add lesson dapat dilakukan dengan menambahkan materi pelajaran sesuai dengan standar kompetensi atau kompetensi dasar yang akan diajarkan. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam merancang "add lesson" adalah sebagai berikut :
1)Masuk pada kelas pembelajaran "klinik matematika online", lalu klik lessons dan add lessons. Selanjutnya klik New maka muncul Add lesson untuk menambahkan materi pelajaran yang baru. Isikan title dengan judul pelajaran, description dengan gambaran tentang pelajaran yang akan diajarkan dan date dengan tanggal pelaksanaan pelajaran tersebut akan dilaksanakan, namun jika tidak perlu maka dikosongkan saja. Lalu klik Save.
Perhatikan gambar di bawah ini!
2)Setelah Add lesson berhasil maka selanjutnya kita masukkan materi pelajaran yang akan kita ajarkan atau bahas, misalnya materi logika matematika (sebagai contoh). Buatlah sections pembelajaran dengan mengklik Halaman dan Assignment untuk penilaian. Perhatikan gambar di bawah ini!
3)Klik Halaman, lalu tambahkan modul dan video tentang materi logika matematika (sebagai contoh materi yang akan diajarkan) dengan mengisi Add page dan klik Save. Untuk menambahkan modul/materi dapat menggunakan teks, gambar, video maupun script.
a. Untuk insert materi berupa teks pengoperasiannya sama dengan Microsoft word.
b. Untuk insert materi gambar, klik edit lalu klik icon image/gambar.
c. Untuk insert materi berupa video, klik sources lalu masukkan embed link videonya.
d. Untuk insert materi berbentuk script, klik sources format HTML, masukkan script dan save.
Berikut ini adalah tampilan add lesson materi pembelajaran logika matematika yang telah dibuat :
Apabila kita ingin menyisipkan rangkuman materi dalam bentuk file maka dapat dilakukan dengan cara meng-klik Sumber daya.
Membuat Tes Online pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Langkah-langkah yang bisa kita dilakukan untuk membuat tes online di e-learning matematika ini adalah sebagai berikut :
1. Arahkan mouse ke Assignments, klik Assignments.
2. Klik add assignments.
3.
Ada banyak pilihan jenis tes yang bisa dilakukan, disini saya akan coba
terangkan bagian quiz, untuk yang lain silahkan explore sendiri ya.
4. Klik bagian Quiz.
5.
Buat Outline Quiz yang akan dibuat, seperti judul Quiz, kategori Quiz,
batas waktu pengerjaan Quiz, kompetensi dasar yang diujikan (lesson),
dan instruksi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :
6. Klik tombol Save, maka akan langsung membuka ke dalam aplikasi Quiz yang tadi kita buat.
7. Mulai masukkan soal dengan klik Add Questions.
8.
Pilih jenis Quiz/tes yang akan dibuat, misalnya disini kita akan
membuat soal multiple choise (one answer) berbentuk pilihan ganda maka
kita klik multiple choise (one answer). Untuk lebih jelasnya, perhatikan
gambar berikut :
9. Lihat bagian Save dan klik save and add another untuk menambahkan soal.
10. Apabila sudah selesai memasukkan semua soal, klik Save and return to assignment. Hasilnya seperti gambar berikut :
Melaksanakan Tes Online pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Setelah pembuatan tes online selesai maka perlu ujucoba dan pelaksanaan, apakah tes online ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan apa belum. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk ujicoba / melaksanakan tes online tersebut :
4) Pilih jawaban yang dianggap benar, lalu klik submit.
6) Setelah mengklik finished maka akan langsung terlihat hasil tes online tersebut seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Contoh tampilan pertanyaan yang lainnya pada Tes Online ini adalah sebagai berikut :
Aktif Berdiskusi di Forum Diskusi pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Diskusi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika online. Diskusi ini dapat dilakukan oleh antar sesama siswa, maupun siswa dengan guru, bahkan antar siswa dengan siswa lainnya dan guru. Diskusi ini dapat dipantau oleh siswa, guru maupun orang tua. Diskusi ini membahas hal-hal penting atau yang menjadi masalah/kesulitan siswa dalam mempelajari matematika untuk dipecahkan permasalahan tersebut secara bersama-sama.
Sedangkan gambar di bawah ini adalah tampilan bentuk interaksi di forum diskusi. Ada siswa yang bertanya dan siswa yang lainnya memberikan jawaban.
Melakukan Chatting pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran matematika di e-learning matematika ini maka perlu dilakukan komunikasi, baik dengan mengikuti diskusi di forum diskusi maupun melakukan chatting. Chatting ini dapat dilakukan baik antar siswa, siswa dengan guru maupun orang tua.
Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan chatting adalah sebagai berikut :
1) Klik class. Misalkan klinik matematika online.
2) Arahkan mouse ke menu collabooration, lalu klik chat.
3) Klik add chat room bila ingin chat mengenai suatu hal yang baru atau klik chat untuk memulai chat langsung di kelas pembelajaran tersebut. Di bawah ini adalah tampilan proses chatting pada kelas pemeblajaran matematika online :
Melaksanakan Tes Online pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Setelah pembuatan tes online selesai maka perlu ujucoba dan pelaksanaan, apakah tes online ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan apa belum. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk ujicoba / melaksanakan tes online tersebut :
1) Melaksanakan quiz, klik take quiz
2) Selanjutnya klik Start
3) Setelah mengklik start maka akan muncul tampilan soalnya seperti pada gambar di bawah ini.
4) Pilih jawaban yang dianggap benar, lalu klik submit.
5) Bila telah selesai mengerjakan seluruh soalnya lalu klik finished.
6) Setelah mengklik finished maka akan langsung terlihat hasil tes online tersebut seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Contoh tampilan pertanyaan yang lainnya pada Tes Online ini adalah sebagai berikut :
Aktif Berdiskusi di Forum Diskusi pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Diskusi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika online. Diskusi ini dapat dilakukan oleh antar sesama siswa, maupun siswa dengan guru, bahkan antar siswa dengan siswa lainnya dan guru. Diskusi ini dapat dipantau oleh siswa, guru maupun orang tua. Diskusi ini membahas hal-hal penting atau yang menjadi masalah/kesulitan siswa dalam mempelajari matematika untuk dipecahkan permasalahan tersebut secara bersama-sama.
Forum
diskusi berfungsi sebagai sarana tanya jawab atau berdiskusi serta
mengetahui pendapat siswa/yang lain mengenai suatu pemecahan masalah.
Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi aktif dalam forum diskusi adalah sebagai berikut :
1)Arahkan mouse ke menu forums, klik forums.
2)Klik Discussions
3)Klik
"configure" untuk memberikan judul diskusi dan keterangannya. Klik post
pada postings untuk memulai diskusi postingan pertama.
4)Tuliskan judul posting dan pesannya.
5)Klik tombol kirim (send).
6)Tunggu reply dari yang membaca atau mengomentari posting tersebut.
Di bawah ini adalah contoh tampilan "daftar pertanyaan yang didiskusikan di Forum diskusi pada kelas pembelajaran matematika online tersebut".
Sedangkan gambar di bawah ini adalah tampilan bentuk interaksi di forum diskusi. Ada siswa yang bertanya dan siswa yang lainnya memberikan jawaban.
Melakukan Chatting pada kelas pembelajaran Matematika Online di Edu20
Untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran matematika di e-learning matematika ini maka perlu dilakukan komunikasi, baik dengan mengikuti diskusi di forum diskusi maupun melakukan chatting. Chatting ini dapat dilakukan baik antar siswa, siswa dengan guru maupun orang tua.
Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan chatting adalah sebagai berikut :
1) Klik class. Misalkan klinik matematika online.
2) Arahkan mouse ke menu collabooration, lalu klik chat.
3) Klik add chat room bila ingin chat mengenai suatu hal yang baru atau klik chat untuk memulai chat langsung di kelas pembelajaran tersebut. Di bawah ini adalah tampilan proses chatting pada kelas pemeblajaran matematika online :
Di samping chatting, kita juga dapat melakukan pengiriman pesan, baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya dengan menggunakan fasilitas message. Untuk mengirim pesan ke siswa atau orang tua siswa maka dapat dilakukan dengan cara mengklik nama siswa atau orang tua yang sedang online lalu klik pilihan send mesaage seperti pada gambar di bawah ini :
Proses pembelajaran pada e-learning matematika
Proses pembelajaran yang terjadi dalam e-learning matematika ini adalah dimulai dengan siswa dan guru log in ke
website. Siswa mendapat modul ajar matematika interaktif (format
swf/flash atau lainnya) kemudian didiskusikan bersama antar siswa dan
atau siswa dengan guru. Materi yang kurang dipahami di kelas/jika ada PR
dapat dibahas dalam diskusi tersebut. Di akhir pembelajaran, guru
memberikan tes uji kompetensi melalui tes online. Tugas-tugas siswa bisa
di upload dan dikirim ke data base guru.
Di bawah ini, Screnshoot Forum Diskusi pada kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online" : (Silahkan Klik Gambarnya Untuk memperbesar)
Di bawah ini, Tampilan / Screnshoot pelaksanaan Tes Online pada kelas pembelajaran "Klinik Matematika Online" :
(Silahkan Klik gambarnya untuk memperbesar)
Untuk alur proses pelaksanaan kelas pembelajaran “Klinik Matematika Online” di tunjukkan pada bagan di bawah ini :
Dalam implementasinya, Kegiatan ini terbagi menjadi 4 tahap Klinik yaitu :
1. Klinik Matematika Try-Out 1
Klinik Matematika Try-Out 1 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 30 Januari 2012, 1 dan 2 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 1 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 25 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah operasi bilangan real, persamaan dan pertidaksamaan linear 2 variabel, fungsi linear, fungsi kuadrat dan program linear.
Klinik Matematika Try-Out 1 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 30 Januari 2012, 1 dan 2 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 1 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 25 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah operasi bilangan real, persamaan dan pertidaksamaan linear 2 variabel, fungsi linear, fungsi kuadrat dan program linear.
2. Klinik Matematika Try-Out 2
Klinik Matematika Try-Out 2 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 6, 8 & 9 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 2 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 15 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah matriks, vektor, logika matematika, bangun datar, dan bangun ruang.
Klinik Matematika Try-Out 2 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 6, 8 & 9 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 2 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 15 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah matriks, vektor, logika matematika, bangun datar, dan bangun ruang.
3. Klinik Matematika Try-Out 3
Klinik Matematika Try-Out 3 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 13, 15 & 16 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 3 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah trigonometri, barisan dan deret, peluang dan statistik.
Klinik Matematika Try-Out 3 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 13, 15 & 16 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 3 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah trigonometri, barisan dan deret, peluang dan statistik.
4. Klinik Matematika Try-Out 4
Klinik Matematika Try-Out 4 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 20, 22 & 23 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 4 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah limit fungsi, turunan/diferensial, integral dan irisan kerucut.
Klinik Matematika Try-Out 4 saya laksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu & Kamis tanggal 20, 22 & 23 Pebruari 2012. Kegiatan yang kami lakukan adalah Latihan soal, membahas soal-soal Try-Out 4 dan atau soal lainnya/PR yang dianggap sukar oleh siswa. Ada sebanyak 20 soal yang dibahas dalam kegiatan ini. Adapun kompetensi yang dipelajari adalah limit fungsi, turunan/diferensial, integral dan irisan kerucut.
Saya juga melaksanakan Tes Online Uji Pengendali Mutu 1 dan 2 untuk
mempersiapkan siswa-siswi dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) Matematika
pada hari Selasa, tanggal 13 Maret 2012 Sebagai persiapan dan untuk
mengetahui kemampuan siswa sampai sejauh mana mereka menguasai
kompetensi matematika. Syukur alhamdulillah hasil Ujian Sekolah (US)
matematika tahun pelajaran 2011/2012 yang didapat sangat memuaskan
karena semua siswa “Klinik Matematika Online” lulus 100% dengan nilai
Ujian Sekolah terendah 6,75 dan nilai tertinggi adalah 9,25.
Pada tahun pelajaran 2013/2014 ini juga alhamdulillah saya telah menerapkan e-learning matematika ini kepada para siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata. Di samping itu saya juga memanfaatkan blog pembelajaran matematika "Portal Matematika" di http://okemat.blogspot.com. Keberadaan portal matematika ini sangat membantu suksesnya pembelajaran e-learning matematika di http://pak-sukani.edu20.org.
Berikut ini adalah tampilan dari blog pembelajaran matematika "Portal Matematika".
Berikut ini adalah beberapa hasil pekerjaan siswa dalam tes online di e-learning matematika, terlihat jelas points yang didapat dan gradenya :
Berikut ini adalah contoh hasil tugas siswa dalam e-learning matematika yang dikirimkan melalui blog portal matematika:
Berikut ini adalah tutorial 1 tentang E-learning matematika Pak Sukani :
Berikut ini adalah tutorial 2 tentang Pelaksanaan tes online di E-learning matematika Pak Sukani :
Demikianlah tulisan saya tentang “Penerapan E-learning Matematika dalam Pembelajaran Matematika Oleh Pak Guru Sukani dengan siswa kelas XII RPL dan XII TKJ SMK Bakti Idhata″. Semoga kita semua terus dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita.
Saya menyadari bahwa
tulisan saya yang sederhana ini banyak kekurangannya dan jika ada yang kurang berkenan di
hati, saya mohon dibukakan pintu maaf. Tiada gading yang
tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang
sempurna.
Semoga bermanfaat.
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Penulis,
Penulis,
Guru Matematika SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan
HP: 085695685815
Email : likeny_rbg@yahoo.com
Blog :
http://pak-sukani.edu20.org
http://pak-sukani.edu20.org
http://okemat.blogspot.com
http://guraru.org/anggota/sukani
http://paksukani.guru-indonesia.net
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!