Flipped Classroom merupakan model pembelajaran yang tengah banyak
dibicarakan dalam dunia pendidikan. Model pembelajaran yang ‘membalik’
metode tradisional ini melibatkan penggunaan media yang biasanya berupa
video pembelajaran untuk dipelajari siswa di rumah, kemudian dilanjutkan
dengan diskusi serta pemberian tugas di kelas.
#GuraruTalk sengaja mengangkat topik Penerapan Flipped Classroom agar
Guraru dapat berbagi pengetahuan dan pendapat seputar model
pembelajaran ini. Bagi Guraru yang merasa belum akrab dengan Flipped
Classroom, Guraru dapat mempelajarinya di sini atau di sini. Lalu,
silakan simak hasil diskusi hari Senin (26/8) lalu di bawah ini!
–
- @yusrizal01: Flipped — membalik, Classroom — ruangan kelas.
- @yusrizal01: Sumber Flipped Classroom bermaksud lebih mengaktifkan siswa belajar sendiri dirumah sebelum materi disekolah disampaikan.
- @yusrizal01: Pegangan materi siswa dirumah dalam bentuk video, e-book, atau perangkat multimedia lainnya.
- @yusrizal01: Dalam pembelajaran tradisional, Flipped Classroom sebenarnya sudah dilaksanakan.
- @yusrizal01: hanya pegangan siswa dalam bentuk buku manual atau modul yang merupakan kumpulan materi pembelajaran
- @yusrizal01: versi Jadul. Walau keadaan lampu mati, siswa tetap bisa mempelajari materi yang akan disampaikan guru ke depannya.
- @yusrizal01: Sehingga, ketika ada problem, besok bisa berdiskusi ketika pembelajaran dimulai.
Melalui rangkaian tweets di atas, Pak Yusrizal menjelaskan
tentang Flipped Classroom menurut pandangannya. “Waktu masih SMA
ternyata saya seorang siswa yang (menerapkan) Flipped Classroom walau
tanpa video dan e-book,” tambahnya, yang disetujui juga oleh Bu @Amiroh_Adnan. “Saya juga, loh, Pak, meski tanpa instruksi guru,” sambut Bu Amiroh. Sementara Bu @laksmi_pits mengatakan
bahwa sekarang pun barangkali banyak guru yang tengah menerapkan
Flipped Classroom tanpa menyadarinya, karena belum pernah mendengar
istilah Flipped Classroom.
Sebelum menerapkan Flipped Classroom menggunakan video, terutama secara online, tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain, seperti yang disampaikan Bu @cbifonikkk berikut.
- @cbifonikkk: Analisis kebutuhan siswa dan guru, sarana dan prasarana, materi on line, kemandirian belajar guru dan siswa.
- @cbifonikkk: Pastikan guru dan siswa aktif, asertif dan bisa tepat waktu; artinya komitmennya kuat.
Namun, inti model pembelajaran Flipped Classroom, menurut Bu Amiroh, adalah active learning.
- @Amiroh_Adnan: Sebenarnya tidak terlalu sulit menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom, yang susah adalah menyiapkan mental siswanya.
- @Amiroh_Adnan: Intinya adalah active learning, siswa belajar secara mandiri. Teacher as fasilitator.
Lalu, apa yang membedakan dengan Flipped Classroom saat ini yang umumnya menggunakan video pembelajaran? Menurut Bu @laksmi_pits, penggunaan teknologi dalam Flipped Classroom dapat meningkatkan engagement peserta didik.
- @laksmi_pits: Flipped Classroom ke depan mau tidak mau keharusan, tentu saja karena perkembangan teknologi dan murid-murid kita bagian dari perkembangan itu.
- @laksmi_pits: Flipped Classroom juga bisa mengarahkan penggunaan positif gadget yang dimiliki murid, daripada dilarang, lebih baik difasilitasi.
Pemanfaatan gadget dan teknologi lainnya dalam penerapan Flipped Classroom seperti yang disampaikan Bu Laksmi, menurut Pak @StevenSutantro, merupakan hal yang penting untuk dikembangkan secara kreatif agar dapat diterapkan dengan lebih efektif.
- @StevenSutantro: Gunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menerapkan Flipped Classroom http://t.co/s0hV0FLh1R
- @StevenSutantro: Konsep Flipped Classroom ini perlu dikembangkan scara kreatif di sekolah untuk diterapkan dengan lebih efektif. http://t.co/QBXlTxznSt
- @StevenSutantro: Saya berharap ke depan ada komunitas guru-guru di Indonesia yang mengembangkan penerapan Flipped Classroom.
- @StevenSutantro:Mungkin salah satunya dimulai dengan menyebarkan semangat #edtech secara rutin, ya, @laksmi_pits, terutama dalam Flipped Classroom.\
Meskipun Flipped Classroom terbukti berdampak positif bagi pemahaman
dan prestasi siswa, tidak semuanya setuju dengan model pembelajaran ini.
Pak Steven berbagi tautan artikel yang membuat pro dan kontra terkait
Flipped Classroom, yang dapat dibaca di sini.
—
Apakah Guraru sudah pernah atau sedang menerapkan model pembelajaran
Flipped Classroom di kelas? Bagaimana pengaruhnya terhadap proses
pembelajaran siswa? Yuk, berbagi pengalaman melalui kolom komentar di
bawah ini! Guraru juga dapat berbagi pendapat atau pengetahuan seputar
Flipped Classroom yang barangkali belum sempat dibahas dalam diskusi
kemarin
Sumber : http://guraru.org/info/gurarutalk-penerapan-flipped-classroom/
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!