Metode pembelajaran kini semakin bervariasi, salah satunya adalah
gamification. Seperti apa contoh penerapan gamification di kegiatan
belajar sehari-hari? Cek rekomendasi berikut ini, Guraru.
Salah satu metode pembelajaran yang tengah populer adalah
Gamification, yakni metode yang mengaplikasikan elemen dan strategi
permainan ke dalam konteks nonpermainan (penjelasan lebih lengkap
mengenai Gamification dapat dibaca di artikel ini dan ini).
Permainan dalam Gamification berbeda dengan Game-based Learning. Dalam
Game-based Learning, guru dan siswa mengaitkan permainan yang sudah ada
dengan materi yang tengah dipelajari; sedangkan dalam Gamification,
permainan didesain menyesuaikan materi yang tengah dipelajari.
Banyak contoh permainan bentuk fisik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Misalnya, kartu domino yang didesain khusus untuk belajar Matematika; belajar Fisika dengan sumpit, senjata khas Dayak; atau belajar Bahasa Inggris dengan permainan mencari pasangan (klik pada judul untuk membaca artikel).
Bagaimana dengan e-learning? iCivics dan Educade merupakan dua contoh penerapan Gamification dalam bentuk permainan komputer yang didesain khusus untuk pembelajaran.
iCivics
iCivics (http://icivics.org) merupakan situs penyedia video games pendidikan
yang dibuat untuk menanamkan pengetahuan umum pada anak-anak muda
Amerika. Permainan di dalamnya meliputi bidang sosial-politik, hukum,
dan kewarganegaraan. Contohnya, dalam permainan Activate, siswa diajak
mengkampanyekan isu pilihan mereka sendiri untuk membawa perubahan
positif di masyarakat. Dalam permainan Do I Have a Right?, siswa
mengelola firma hukum dengan spesialisasi pada hukum konstitusi.
Ingin tahu lebih lanjut? Silakan kunjungi situsnya! Siapa tahu ada
permainan yang dapat disesuaikan untuk pembelajaran di kelas Guraru
Educade
Educade (http://educade.org)
menyediakan berbagai alat pembelajaran, termasuk permainan, untuk tiap
tingkat usia dan berbagai mata pelajaran. Guraru dapat mencari permainan
untuk pelajaran Matematika, Bahasa, Ilmu Sosial, dan lain-lain; yang
dapat dipilih berdasarkan subyek spesifik. Silakan kunjungi dan pilih
permainan kesukaan Anda dan siswa!
Guraru punya contoh lain situs permainan atau permainan bentuk fisik
untuk metode Gamification? Yuk, share di sini! Selamat bermain!
Sumber : http://guraru.org/info/contoh-contoh-penerapan-gamification/
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!