Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

Aplikasi Games untuk Pembelajaran (Sukani)

Game (permainan) tidak hanya berfungsi sebagai hiburan di kala senggang, Ia bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar yang lebih menyenangkan. Pada Kopdar Guraru minggu lalu, Pak Sukani berbagi cerita mengenai pemanfaatan game untuk pembelajaran, disertai contoh yang pernah diterapkan. Menarik sekali!

“Game merupakan aktivitas terstruktur atau semi terstruktur yang biasanya bertujuan untuk hiburan dan kadang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan.” (Wahono, 2006)

Dalam pembelajaran, game bermanfaat untuk menciptakan suasana yang lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Karena itulah, dalam presentasi finalis Acer Guraru Award 2013 tanggal 23 November kemarin, Pak Sukani mengajak Guraru untuk bermain game sebagai salah satu cara menyesuaikan diri dengan cara belajar siswa.

Mengapa perlu menyesuaikan diri? Apa perbedaan cara belajar guru dan siswa?

12-Picture01 

Pak Sukani menjelaskan guru dan orang tua sebagai Digital Immigrants, kaum ‘pendatang’ yang merupakan penikmat pasif teknologi dan hanya menggunakan teknologi untuk keperluan tertentu. Di pihak lain, siswa masa kini merupakan Digital Natives, penduduk asli dunia digital yang berbicara dan berkomunikasi dengan alat serta bahasa digital. Saat mereka lahir, dunia digital telah mewarnai kehidupannya, melalui telepon genggam, televisi, dan lain-lain.

12-Picture02

Digital Natives memiliki beberapa ciri, di antaranya lebih menyukai menerima berita dengan cara cepat, multitasking, lebih menyukai gambar dibandingkan teks, proyek kolaborasi, dan memilih games dibandingkan hal yang serius. Mereka juga tidak takut salah dan mau mencoba. Sementara guru, yang belum terbiasa dengan berbagai kegiatan digital seperti pengiriman e-mail atau berbagi tautan web, seringkali masih menghitung untung-rugi dalam penggunaan teknologi.

Perbedaan tersebut merupakan tantangan bagi guru untuk berjuang mendidik para siswa sebagai kaum penduduk asli dunia digital. Caranya, dengan membiasakan diri dengan teknologi. Beberapa sikap terbiasa teknologi, menurut Pak Sukani, antara lain fleksibel, mau mengambil resiko, mau mencoba hal baru, tidak takut gagal, mau belajar dari siapa saja, cepat beradaptasi, dan menerima kenyataan bahwa ia bukan orang yang terpandai di kelas.

Apakah Guraru termasuk Digital Immigrants yang sudah mulai membiasakan diri dengan teknologi? Maukah Guraru mencoba hal baru dan mengikuti cara belajar siswa?

Yuk, nge-game!

Unduh presentasi Pak Sukani – Aplikasi Games untuk Pembelajaran di sini, untuk membukanya install dulu aplikasi Prezi (gratis selama periode trial) dari www.prezi.com.

Sumber : http://guraru.org/info/aplikasi-games-untuk-pembelajaran-sukani/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika