Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 01 Oktober 2013

Pelatihan Membuat Bahan Ajar Berbasis ICT

dik1

Gambar : Pak Sukani menjadi narasumber pembuatan bahan ajar berbasis ICT  (Dokumen Pribadi)

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat malam guraru, bagaimana kabarnya? Semoga Guraru sehat selalu dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Guraru, alhamdulillah di sela-sela kesibukan saya menjalankan tugas dan kewajiban saya di sekolah, saya masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk sharing dan berbagi. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan sharing tentang "Pelatihan Membuat bahan Ajar Berbasis ICT".

Guraru yang saya hormati, kemarin pada hari Kamis, 19 September 2013 di sekolah menengah kejuruan (SMK) Bakti Idhata Jakarta Selatan melaksanakan program pelatihan peningkatan SDM guru tentang pembuatan bahan ajar berbasis ICT. Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh bapak Drs.H.Radix Gunawan,MM selaku kepala sekolah dan diikuti oleh seluruh guru SMK Bakti Idhata serta tamu undangan.

Alhamdulillah pada kesempatan itu saya diberikan amanah oleh sekolah untuk memberikan paparan tentang pembuatan bahan ajar berbasis ICT kepada rekan-rekan guru dan tamu undangan. Saya terus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan amanah tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Antuasis dan semangat dari rekan-rekan guru ini sangat luar biasa dimana mereka sudah meniatkan diri dan berkomitmen untuk melakukan perubahan serta meningkatan kompetensinya terkait pembuatan bahan ajar. Pada intinya guru harus berubah menjadi lebih baik. Guru harus terus belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak ketinggalan jaman. Kalau di Guru era baru, ada yang namanya guru melek IT. he..he..he...

Adapun, materi yang saya paparkan dalam pelatihan tersebut sangatlah sederhana dan belum seberapa jika dibandingkan dengan Guraru yang lain yaitu tentang :

1. Pembuatan bahan ajar dengan PowerPoint Multimedia Interaktif.
Powerpoint
2. Pembuatan digital book (Digibook).
a
CONTOH DIGITAL BOOK PAK SUKANI 1
1. microsoft math
3. Pembuatan Video Pembelajaran dengan CrazyTalk  Animator dan Powtoon.
GURU MELEK IT
VIDEO PEMBELAJARAN MAT POOWTON
4. Pembuatan bahan ajar dengan Prezi, dan Emaze.
1
PREZI SUKANI
5. Pemanfaatan Snapshot dalam pembuatan modul.
6. Pemanfaatan blog dan media sosial untuk pembelajaran. Seperti : Moddle, edu20, dan issue.
6_2
andro
Walaupun penyampaiannya sangat singkat karena waktu yang terbatas, namun tidak mengurangi antuasis para guru dalam mengikutinya. Setelah diberikan contoh dalam aplikasi pembuatan bahan ajar tersebut secara langsung dan diikuti oleh para guru maka selanjutnya para guru diharapkan agar mengembangkannya secara mandiri. Bahan ajar yang ada di sekolah kedepannya harus sudah dalam bentuk soft seperti digital books dan diupload ke internet melalui media website maupun blog. Nah, hal ini akan memudahkan para siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan.
dik2
Guraru, demikianlah sharing saya pada kesempatan ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada Guraru sekalian. Saya menyadari bahwa artikel saya yang sederhana ini masih banyak ditemui kekurangannya. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang maha sempurna.

Waalaikumsalam Wr.Wb.

Penulis,



Pak Sukani
SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika