Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Sabtu, 09 November 2013

1. E-learning "Edu20" Untuk Pembelajaran Matematika

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat siang Guraru..,

Bagaimana kabarnya Guraru sekalian? Semoga sehat selalu dan dalam limpahan rahmad Allah SWT. Amin. Pada kesempatan pada kali ini saya akan berbagi/sharing tentang "E-learning Edu20 Untuk Pembelajaran Matematika". Salah satu pamflet e-learning gratisan yang saya gunakan dalam kegiatan pembelajaran.
edu20

Guraru, Edu20 adalah salah satu media pembelajaran online yang didirikan oleh Graham Glass pada tahun 2006, merupakan situs pendidikan berbasis web yang disediakan secara gratis dengan beragam fasilitas dan fitur. Untuk mengakses Edu20 ini silahkan Guraru akses di http://edu20.org. Adapun tujuan penggunaan Edu20 ini adalah untuk menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Kelebihan dari edu20 ini adalah penggunaan yang mudah karena Guraru tidak perlu melakukan proses instalasi.

Pada halaman depan situs ini, ada beberapa tampilan yang memperkenalkan apa itu “Edu20”. Bila Guraru sudah pernah daftar, maka terdapat kotak pengisian untuk login. Bila Guraru baru pertama kali mengunjungi situs ini, maka ada dua menu tampilan (berupa jendela) yang memperlihatkan gambaran umum (overview) mengenai edu20. Penjelasan-penjelasan ini disediakan secara visual dan animasi dengan perpaduan tulisan, gambar dan grafik. Selain itu juga ditampilkan video presentasi yang memperkenalkan situs ini secara audio-visual, kemudian pengalaman dari murid yang sudah bergabung, presentasi dari pendiri situs (TEDx presentation), video-klip (music video), dan video mengenai interaktif media dari online learning (fun video). Video-video ini berasal menggunakan youtube sebagai media penyimpanan.

Guraru, Fitur-fitur yang disediakan edu20 cukup banyak seperti lesson, news, forum, chat, groups, calender dan lain-lain yang dapat dimodifikasi. Guraru dapat memilih dan memodifikasi sendiri fitur-fitur tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran, misalnya matematika (www.pak-sukani.edu20.org). Tampilan dari halaman web juga dapat dikustomisasi mulai dari halaman depan, pewarnaan, dan URLnya.

Lalu jika kita lihat dari fungsi dan kegunaannya maka media ini dapat dikategorikan ke dalam CBT atau Computer-Based training. Edu20 dapat dikategorikan sebagai CBT karena menggunakan komputer dan internet sebagai media utamanya. Hal lain adalah setiap bahan pelajaran, tugas-tugas dan rencana pelajaran setiap sesi (pertemuan) sudah disusun di dalamnya. Selain itu, Edu20 ini juga dapat berperan sebagai CAI atau Computer-Assisted Instruction karena dapat dirancang untuk menjadi sumber dan bahan ajar bagi para pembelajar. Materi-materi pelajaran oleh guru dapat disusun secara sistematis ke dalam pelajaran (lesson). Lalu, bila dikaitkan dengan kriteria CMI atau Computer-Managed Instruction, edu2.0 dapat juga mengatur proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru. Guru dapat membuat rencana-rencana pelajaran serta mengatur atau mengorganisasikan siswa-siswa yang akan mengikuti kelas (Enroll), dan terakhir mengatur jadwal-jadwal pembelajaran sesuai dengan banyaknya pertemuan.

Terakhir bahwa di edu20 ini sistem evaluasi dan penilaian dapat dilakukan melalui tes online atau quiz online yang kemudian dapat dinilai secara otomatis dalam kriteria peringkat dan bisa dimasukkan dalam grade book yang berisi data-data penilaian setiap siswa yang dikategorikan menurut bobot, dalam bentuk statistik dan grafik, serta dapat dieksport ke dalam sistem lain. Yang menarik lagi Data-data hasil evaluasi (tes online atau quiz online) akan terkirim otomatis ke database guru sehingga tidak perlu capek-capek mengoreksi. Bagaimana Guraru, menarik bukan? Mari Guraru, kita manfaatkan e-learning edu20 ini untuk pembelajaran.

Sebagai contoh saya sudah memanfaatkan e-learning edu20 ini untuk pembelajaran matematika di http://pak-sukani.edu20.org.

e-learning pak sukani

Demikianlah sharing saya tentang "E-learning Edu20 Untuk Pembelajaran Matematika". Mudah-mudahan kita semua dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Saya menyadari bahwa tulisan saya banyak kekurangannya dan jika ada yang kurang berkenan di hati pembaca (Guraru) saya mohon dibukakan pintu maaf. Tiada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.

Semoga bermanfaat.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Penulis,





Pak Sukani
http://pak-sukani.edu20.org
SMK Bakti Idhata

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika