Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Senin, 17 Februari 2014

Berbagi Ilmu Dengan Guru-Guru dan Kepala Sekolah SMP se-Depok

Presentasi sukani awal 
Gambar Tampilan Awal Presentasi (Dokumen Pribadi)

Selamat siang guraruers,

Semoga kita semua dalam keadaan baik, sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin.

Alhamdulillah, senin (3/2/2014) saya dapat berbagi ilmu dengan guru-guru dan kepala sekolah SMP se-Depok dalam acara “Diklat Sosialisasi dan Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 berbasis IT". Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang ditulis oleh bapak Taufik Opik Ibra (Baca Parade Foto “Sukani Berbagi” di Depok, klik disini). Pagi hari itu saya bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri dan sekaligus menjaga agar tidak datang terlambat. Pukul 05. 06 WIB saya mendapat sms dari seorang rekan guraru yaitu pak Subhan yang isinya menanyakan waktu pertemuan untuk menyiapkan materi diklat buat peserta dan sekaligus berpesan agar tidak nyasar. Saya pun mengiayakan untuk sepakat bertemu pukul 07.30 WIB di SMP Negeri 2 Depok. Sebelum berangkat saya sempatkan membuka google maps untuk mencari posisi tempat diklat diselengarakan sedangkan istri saya begitu sabar menyiapkan segala keperluan saya, dimana hidangan masakan sudah disiapkannya, baju sudah rapi, dan bahkan sepatu pun sudah disemirnya. Terimakasih istriku.

Pagi hari itu hujan turun, namun tidak menyurutkan niat saya untuk berangkat ke tempat Diklat lebih awal karena menghindari macet sehingga tidak terlambat. Pukul 07.20 WIB saya sudah tiba di SMP Negeri 2 Depok, tempat diklat dilangsungkan dan merupakan orang pertama yang datang paling awal. he..he..he... Jika melihat jadwal acara maka diklat dimulai pada pukul 08.00 WIB sehingga saya memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi dan sekaligus melihat kondisi lapangan. Saya memasuki suasana sekolah yang asri, sejuk dan bersih. Guru-gurunya pun ramah-ramah. Saya semakin betah disana.

Diklat pun akhirnya dimulai secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok yang diwakili oleh bapak Mochmmmad Nurdin, S.Pd, MM selaku sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok yang didampingi oleh Bapak Komar Suparman, M.Pd (ketua K3S kota Depok), Bapak Yanto Sugianto, M.Pd (Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Depok), dan Bapak Sumarno, M.Pd (Tuan Rumah atau Kepala SMP Negeri 2 Depok). Diklat diikuti oleh guru-guru dan kepala sekolah SMP se-Depok.

Dalam berlangsungnya diklat ini, saya didampingi dan dibantu oleh guraru bapak Subhan dan bapak Ja’i dari Depok. Terimakasih pak atas bantuannya dalam menyiapkan segala sesuatunya.

Materi diklat saya mulai dengan memberikan motivasi (Mengubah paradigma guru dalam Pembelajaran Pembimbingan dan Penilaian) lalu dilanjutkan dengan materi penilaian pada kurikulum 2013 yang mencakup 3 ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan ; penggunaan software penilaian digital untuk kurikulum 2013 ;  penggunaan classdojo dalam penilaian sikap dan presensi ; penggunaan e-learning edu20 dalam penilaian pengetahuan ; penggunaan drive google dalam penilaian diri dan pengetahuan ; serta penggunaan blog untuk pembelajaran dan penilaian.

Dalam diklat tersebut pula saya memperkenalkan penggunaan tablet untuk dijadikan sebagai mouse dan keyboard dengan mempraktikkan langsung pengggunaan tablet tersebut dalam presentasi. Untuk sementara pointer kesayangan saya tidak saya pergunakan, namun saya simpan di saku untuk jaga-jaga jika terjadi masalah atau lost koneksi. Presentasi awal saya buat dengan memanfaatkan powerpoint 2013 dengan tampilan agak berbeda dimana background presentasi saya buat Full Animasi dan saya berikan Sound Jeda (musik). Presentasi ke dua tentang penilaian pada kurikulum 2013 saya buat dengan Prezi untuk memberikan suasana presentasi yang berbeda yang Full Zooming. Presentasi seterusnya saya lebih ke hal praktis alias langsung praktik.

prezi sukani 
Gambar salah satu presentasi dengan menggunakan Prezi. (Dokumen Pribadi)

Antusias guru-guru dan kepala sekolah SMP di Depok dalam mengikuti diklat begitu tinggi dengan terbukti perhatiannya fokus kepada apa yang saya sampaikan dan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Diklat ini ditutup oleh kepala Dinas pendidikan kota Depok pada hari ke dua setelah sesi materi pembuatan blog/web oleh bapak Subhan. Pak Subhan adalah guru era baru yang memiliki motivasi kuat untuk mendorong guru-guru nge-blog dan memanfaatkannya untuk pembelajaran. Pak Subhan sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk video tutorial membuat blog/web.
Berikut ini saya dapat share beberapa presentasi saya :
  1. Mengubah paradigma guru dalam Pembelajaran Pembimbingan dan Penilaian. Silahkan Download DISINI.
  2. Penilaian pada Kurikulum 2013 yang mencakup 3 ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Silahkan Download DISINI.
Demikianlah sharing saya guraruers, semoga bermanfaat.

Salam,
sukani
Sang pengembara..he..he..he..,

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika