Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 17 September 2013

Karya Digibook Peluang By Pak Sukani

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat siang Guru Era Baru (guraru), apa kabar? Semoga guraru tetap sehat selalu dan terus bersemangat untuk berbagi. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmad dan rizkinya kepada Guraru sekalian. Amin ya Ra.

Guraru yang saya hormati, pada kesempatan yang baik ini saya akan sharing tentang “Digibook Peluang”. Digibook adalah digital book atau istilahnya buku digital. Nah, berbicara digital book ini di tingkat SMK dalam implementasi kurikulum 2013 ada yang namanya “Simulasi Digital” yang masuk ke C2. Salah satu materi dalam simulasi digital adalah digibook.

Setiap guru kedepannya harus bisa membuat buku digital atau digital book atau digibook. Jadi pembelajarannya kedepan berbasis TIK dimana modul / buku pelajarannya sudah berbentuk digital, dan para siswa dapat dengan mudah mendapatkan bahan ajar dalam bentuk digibook. Selanjutnya Para guru dapat mengshare digibook pelajarannya tersebut di blog atau website atau media sosial. Akhirnya, Siswa akan menjadi mudah dalam mengakses ilmu pengetahuan dan menemukan pengetahuannya sendiri (discovery).

Dalam membuat digibook alangkah baiknya disertai dengan multimedia seperti video pembelajaran, sehingga video pembelajarannya menjadi satu dengan digibook. Menjadi satu kesatuan yang utuh. Nah, untuk menggunakan video pembelajaran tersebut di dalam digibook, tinggal metekan tombol “play” maka video pembelajaran siap digunakan. Sangat cocok untuk mendukung model pembelajaran “flipped classroom” yang selama ini guraru perbincangkan.

Satu lagi guraru, alangkah baiknya juga guru sendiri yang membuat video pembelajaran tersebut. Membuat video pembelajaran bisa dengan menggunakan video recorder, camtasia, dan lain-lain. Bahkan bisa juga dengan menggunakan software “crazytalk animator”. Ini yang perlu dikembangkan agar dunia pendidikan kita ini mengarah ke digital. Kita sepakat jika masa jaman sekarang ini (digital) adalah masa untuk menuju Go Green alias sudah tidak jamannya lagi menggunakan kertas. Jika bisa menghemat kertas maka  berapa banyak pohon-pohon yang bisa dilestarikan dan tentunya akan berefek dengan hijaunya bumi kita.

Guraru, di bawah ini adalah contoh digibook peluang yang saya kembangkan sendiri, namun untuk videonya saya menggunakan video pembelajaran yang ada di youtube dan saya manfaatkan untuk pembelajaran. Tentunya video Youtube yang dipilih adalah yang sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan di kelas. Jika guraru berminat, silahkan download contoh digibook peluang ini dengan mengklik gambar di bawah ini :

(Ket : karena digibook peluang ini berisi banyak video pembelajaran yang terintegrasi maka size file-nya lumayan besar sekitar 162 MB. Jadi harus bersabar menunggu ya Guraru saat mendownloadnya)


 

 



Cukup sekian guraru yang bisa saya sharingkan pada kesempatan ini. Saya menyadari bahwa tulisan saya masih banyak kekurangannya. Saya akan terus memperbaiki diri dan belajar. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT-lah yang sempurna.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya..,

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Penulis,




Pak Sukani
SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika