Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Selasa, 31 Desember 2013

#GuraruTalk: Penggunaan Gadget oleh Siswa di Kelas

Beberapa tahun lalu, kebanyakan sekolah melarang penggunaan gadget oleh siswa di kelas. Sebagian bahkan memiliki peraturan bahwa siswa tidak diperkenankan membawa gadget apa pun ke sekolah. Bagaimana dengan sekarang, saat proses pembelajaran pun tak jarang memerlukan penggunaan gadget baik smartphone maupun tablet? Pembatasan seperti apa yang dilakukan Guraru agar gadget tersebut tidak mengganggu proses pembelajaran? Yuk, simak hasil diskusi #GuraruTalk Senin (29/7) yang lalu! :)
 Picture01

Apakah penggunaan gadget lebih banyak membantu atau mengganggu proses pembelajaran? Guraru memiliki pendapat yang berbeda-beda.
  • @_larswat: Membantu mengganggu pembelajaran.
  • @zizahh_: Membantu selama porsinya sesuai dan penerapannya juga sesuai dengan metode pembelajaran. Proses pembelajaran bisa dikemas secara lebih menarik agar siswa tidak bosan, sedikit banyak penggunaan gadget juga mempengaruhi.
  • @Af_nay: Mengganggu.
  • @fallinbylittle: Mengganggu sungguh.
  • @Umidewiazzura: Banyak manfaatnya. Ketika kelas praktek, karena membutuhkan klien, bisa menghubungi dengan cepat.
  • @StevenSutantro: Tergantung materi, yang dapat memperluas wawasan siswa tentang topik-topik menarik di dunia maya.
Sebagian berpendapat bahwa penggunaan gadget di kelas merupakan gangguan bagi proses pembelajaran. Namun, ada juga yang merasa terbantu, selama porsi dan penerapannya sesuai. “Dalam topik tertentu, gadget sangat bermanfaat untuk googling dan browsing pelengkap pembelajaran,” kata Bu @UmiDewiAzzura dalam salah satu tweetnya.
Lalu, bagaimana cara Guraru menjaga agar penggunaan gadget tidak sampai mengganggu? Sejauh mana penggunaannya dibatasi atau peraturan seperti apa yang diterapkan? Beberapa peserta #GuraruTalk tidak melarang penggunaan gadget oleh siswa, selama hal tersebut dilakukan di luar jam belajar atau sesuai kebutuhan pembelajaran. 
  • @terangga: Selama tidak mengganggu proses KBM dan itu dilakukan pada waktu istirahat, tidak saya batasi.
  • @zizahh_: Peraturannya sederhana, gunakan gadget selama masih berhubungan dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
  • @Umidewiazzura: Siswa kami boleh ber-gadget ria, tapi ada aturannya: matikan selama PBM.
  • @Mr_Sukani: Iya. Penggunaannya harus dibatasi jika memang penggunaan gadget itu tidak termasuk alat yang akan dipakai dalam proses pembelajaran.
  • @pesu_capagu: (Penggunaan gadget tidak diperbolehkan) pada saat sedang menjelaskan materi pelajaran. Namun, tidak langsung ditegur, cukup dengan menatap dia.
Ada juga Guraru yang tetap memperbolehkan penggunaan gadget selama jam belajar di kelas dengan syarat-syarat tertentu, seperti Bu @nverad. Ia mengizinkan siswa mendengarkan musik ketika kegiatan belajar sudah memasuki waktu mengerjakan tugas, selama tidak melalui earphones dan dapat didengarkan oleh seluruh siswa. “Kalau ada yang sembunyi-sembunyi pakai tanpa izin, gadget disita satu bulan dan siswa membuat surat pernyataan tidak mengulangi di seluruh pelajaran,” jelasnya.
Bagaimana dengan Guraru yang lain? Seperti apa peraturan yang Guraru terapkan terkait penggunaan gadget oleh siswa di kelas? Apakah selain waktu dan tempat penggunaannya, Guraru juga mengawasi konten yang tersimpan dalam gadget siswa? Yuk, tuangkan pendapat di sini! :) 

Sumber : http://guraru.org/info/gurarutalk-penggunaan-gadget-oleh-siswa-di-kelas/

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika