Motto

Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Hari Ini..!
Selamat Datang di "Portal Matematika. Media Pembelajaran Matematika Online Bersama Pak Sukani ". Support by Pak Sukani HP : 085695685815 Terimakasih.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat datang di portal matematika online yang sederhana ini. Portal matematika online ini adalah suatu media pembelajaran matematika online yang dikelola oleh pak Sukani dengan segala keterbatasannya. Portal Matematika Online ini dibuat dengan tujuan :

1. Membantu dan berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia
2. Memfasilitasi proses pembelajaran matematika secara online melalui blog.
3. Memfasilitasi siswa agar mudah dalam mengakses ilmu matematika.
4. Sebagai media penguat / sounding proses pembelajaran di kelas.
5. Sebagai media informasi laporan nilai, remedial, tugas dll.
6. Sebagai media tempat mengumpulkan tugas-tugas siswa.
7. Meningkatkan motivasi / semangat belajar siswa.
8. Meningkatkan motivasi / semangat siswa untuk menulis dan berhitung.

Mari dengan kegigihan SUKSES kita raih...!!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam sukses,

animator

(Pak Sukani)


Sabtu, 09 November 2013

Kelebihan dan Kekurangan E-learning dengan Edu20

Assalamualikum Wr.Wb.

Selamat siang Guraru, apa kabar? Semoga Guraru dalam keadaan yang sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Guraru, Kelebihan dan kekurangan e-learning dengan edu20 adalah sebagai berikut : 
Menurut Rosenberg (212-213), kriteria ideal bagi sebuah e-learning adalah berdasarkan pada empat pengukuran atau evaluasi. Kriteria pertama adalah pada masalah biaya yang dikeluarkan (cost). Pengukuran ini dilandaskan pada berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan program dan menyampaikan/mengajarkannya kepada siswa. Pada dasarnya keefektifan biaya yang dikeluarkan sebaiknya dibandingkan dengan program yang terjadi di kelas (classroom). Pada perbandingannya, program e-learning unggul dalam hal keefektifan waktu yang juga berdampak pada lebih efisiennya biaya yang dikeluarkan untuk program ini, baik dalam jumlah siswa/pembelajar skala kecil maupun skala besar (sampai ribuan). Media edu2.0 sudah memenuhi kriteria pertama dan yang menjadi kelebihannya terutama adalah bahwa media ini benar-benar cukup efisien dalam biaya. Untuk versi berbayar (business version), biaya yang dikenakan juga sangat minim sehingga dapat dipastikan media ini sangat unggul pada masalah biaya.

Pengukuran kedua ada pada kualitas. Pada poin ini, yang diukur adalah evaluasi akhir dari pembelajaran. Kemudian umpan-balik dari siswa untuk dijadikan dasar pengembangan selanjutnya. Peningkatan kinerja yang cukup baik setelah mengikuti pembelajaran juga perlu diukur.

Kriteria ketiga adalah pada layanan. Implikasi layanan ini ada pada kemudahan akses dan mempu mengatasi perubahan yang cepat di berbagai tingkatan. Ketersediaan program ini juga tidak dihalangi waktu dan tempat. Akhrinya tidak dibatasi oleh ruang kelas, sehingga secara individual program e-learning ini dapat diakses.

Kriteria keempat mengenai kecepatan. Di sini maksudnya adalah mengenai kecepatan respon terhadap perubahan yang cepat. Perubahan pada kebutuhan yang ada saat itu apakah dapat direspon dengan baik melalui media ini. Yang menjadi cukup penting adalah pada kecepatan dalam akses internet.

Dari kriteria yang telah disebutkan di atas, media ini sudah memenuhi hampir semuanya. Yang perlu diperhatikan mungkin adalah pada evaluasi akhir pembelajaran. Menurut Lee (380), hasil belajar akan terlihat baik tergantung pada pelajaran dan program pengajaran yang terstruktur dengan baik yang diberikan oleh guru.

Tidak perlu dukungan IT dan mudahnya proses instalasi adalah kelebihan lain dari media edu2.0. Maksudnya di sini adalah kemudahan dari penggunaan program ini. Cukup dengan adanya akses internet dan browser, maka pengguna program hanya perlu mendaftar dan membuat pelajaran (lesson). Mungkin diperlukan waktu beberapa lama bagi pengguna pertama untuk bisa beradaptasi dalam menggunakan setiap fasilitas yang ada.

Media ini juga cocok diaplikasikan di daerah yang sulit terjangkau/jarak jauh. Seperti yang diungkapkan oleh Meine: ”Despite debate about the pros and cons of the rapidly expanding use of the Internet for education and training, it is clear that distance-learning technologies are revolutionizing course delivery and providing new opportunities for many organizations. Internet-based distance learning has quickly become an attractive solution for delivering academic education as well as technical training or continuing education requirements”.

Dari pernyataan di atas bisa dikatakan bahwa masalah jarak dapat diatasi oleh media seperti edu2.0 dimana kemudahan akses yang menjadi keunggulannya. Yang menjadi kekurangannya adalah harus selalu terkoneksi dengan internet, tidak bisa bekerja secara offline. Karenanya diperlukan koneksi internet yang stabil dan bagus supaya akses ke medianya lancar. Dalam konteks geografis seperti di Indonesia, mungkin hal ini menjadi kendala bila program dijalankan untuk daerah-daerah terpencil yang biasanya belum sepenuhnya didukung dengan koneksi internet yang stabil.

Media edu2.0 merupakan program online learning yang sudah efektif dalam fungsinya. Fasilitas dan kemampuan yang diberikan sudah bisa mengakomodasi kebutuhan guru atau pengajar yang tidak membutuhkan biaya besar, malah gratis. Media ini juga memungkinkan pengguna (guru) untuk merencanakan dan membuat pelajaran yang lengkap secara online dimana fungsinya dapat dijadikan sebagai sumber pelajaran atau CAI, atau juga bisa difungsikan sebagai CBT (Computer-Based System).

Semoga Bermanfaat.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Sumber : http://www.scribd.com/doc/128839945/Media-Pendidikan-online-berbasis-web-EDU2-0

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons
portal matematika