Assalamualikum Wr.Wb.
Selamat siang Guraru, apa kabar? Semoga Guraru dalam keadaan yang sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.
Guraru, Kelebihan dan kekurangan e-learning dengan edu20 adalah sebagai berikut :
Menurut Rosenberg (212-213), kriteria ideal bagi sebuah e-learning adalah berdasarkan pada empat pengukuran atau evaluasi. Kriteria pertama adalah pada masalah biaya yang dikeluarkan (cost).
Pengukuran ini dilandaskan pada berapa biaya yang dibutuhkan untuk
mengembangkan program dan menyampaikan/mengajarkannya kepada siswa. Pada
dasarnya keefektifan biaya yang dikeluarkan sebaiknya dibandingkan
dengan program yang terjadi di kelas (classroom). Pada perbandingannya, program e-learning
unggul dalam hal keefektifan waktu yang juga berdampak pada lebih
efisiennya biaya yang dikeluarkan untuk program ini, baik dalam jumlah
siswa/pembelajar skala kecil maupun skala besar (sampai ribuan). Media
edu2.0 sudah memenuhi kriteria pertama dan yang menjadi kelebihannya
terutama adalah bahwa media ini benar-benar cukup efisien dalam biaya.
Untuk versi berbayar (business version), biaya yang dikenakan juga sangat minim sehingga dapat dipastikan media ini sangat unggul pada masalah biaya.
Pengukuran
kedua ada pada kualitas. Pada poin ini, yang diukur adalah evaluasi
akhir dari pembelajaran. Kemudian umpan-balik dari siswa untuk dijadikan
dasar pengembangan selanjutnya. Peningkatan kinerja yang cukup baik
setelah mengikuti pembelajaran juga perlu diukur.
Kriteria ketiga
adalah pada layanan. Implikasi layanan ini ada pada kemudahan akses dan
mempu mengatasi perubahan yang cepat di berbagai tingkatan. Ketersediaan
program ini juga tidak dihalangi waktu dan tempat. Akhrinya tidak
dibatasi oleh ruang kelas, sehingga secara individual program e-learning ini dapat diakses.
Kriteria
keempat mengenai kecepatan. Di sini maksudnya adalah mengenai kecepatan
respon terhadap perubahan yang cepat. Perubahan pada kebutuhan yang ada
saat itu apakah dapat direspon dengan baik melalui media ini. Yang
menjadi cukup penting adalah pada kecepatan dalam akses internet.
Dari
kriteria yang telah disebutkan di atas, media ini sudah memenuhi hampir
semuanya. Yang perlu diperhatikan mungkin adalah pada evaluasi akhir
pembelajaran. Menurut Lee (380), hasil belajar akan terlihat baik
tergantung pada pelajaran dan program pengajaran yang terstruktur dengan
baik yang diberikan oleh guru.
Tidak perlu dukungan IT dan
mudahnya proses instalasi adalah kelebihan lain dari media edu2.0.
Maksudnya di sini adalah kemudahan dari penggunaan program ini. Cukup
dengan adanya akses internet dan browser, maka pengguna program hanya
perlu mendaftar dan membuat pelajaran (lesson). Mungkin
diperlukan waktu beberapa lama bagi pengguna pertama untuk bisa
beradaptasi dalam menggunakan setiap fasilitas yang ada.
Media ini juga cocok diaplikasikan di daerah yang sulit terjangkau/jarak jauh. Seperti yang diungkapkan oleh Meine: ”Despite
debate about the pros and cons of the rapidly expanding use of the
Internet for education and training, it is clear that distance-learning
technologies are revolutionizing course delivery and providing new
opportunities for many organizations. Internet-based distance learning
has quickly become an attractive solution for delivering academic
education as well as technical training or continuing education
requirements”.
Dari pernyataan di atas bisa dikatakan bahwa
masalah jarak dapat diatasi oleh media seperti edu2.0 dimana kemudahan
akses yang menjadi keunggulannya. Yang menjadi kekurangannya adalah
harus selalu terkoneksi dengan internet, tidak bisa bekerja secara
offline. Karenanya diperlukan koneksi internet yang stabil dan bagus
supaya akses ke medianya lancar. Dalam konteks geografis seperti di
Indonesia, mungkin hal ini menjadi kendala bila program dijalankan untuk
daerah-daerah terpencil yang biasanya belum sepenuhnya didukung dengan
koneksi internet yang stabil.
Media edu2.0 merupakan program online learning
yang sudah efektif dalam fungsinya. Fasilitas dan kemampuan yang
diberikan sudah bisa mengakomodasi kebutuhan guru atau pengajar yang
tidak membutuhkan biaya besar, malah gratis. Media ini juga memungkinkan
pengguna (guru) untuk merencanakan dan membuat pelajaran yang lengkap
secara online dimana fungsinya dapat dijadikan sebagai sumber pelajaran
atau CAI, atau juga bisa difungsikan sebagai CBT (Computer-Based System).
Semoga Bermanfaat.
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Sumber : http://www.scribd.com/doc/128839945/Media-Pendidikan-online-berbasis-web-EDU2-0
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon Komentar dengan bahasa yang sopan..!!!